PEMBUATAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING DINAS KEBUDAYAAN PROVINSI DIY DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA ZACHMAN

Khairuddin Khairuddin, Sri Handayaningsih

Abstract


Dinas Kebudayaan merupakan unsur pelaksana Pemerintah Daerah di bidang kebudayaan dan kewenangan dekonsentrasi serta tugas pembantuan yang diberikan oleh Pemerintah. Sistem informasi yang dipergunakan oleh Dinas Kebudayaan Provinsi DIY saat ini belum bisa dimanfaatkan secara maksimal karena sulitnya integrasi sistem dan kurangnya SDM untuk membangun sebuah sistem tersebut sehingga berdampak terhadap penerapan strategi menuju e-government akibat tidak tersedianya dokumen perencanaan sistem informasi sebagai acuan pengembangan. Penelitian ini bertujuan untukmenghasilkan sebuah arsitektur enterprise bagi Dinas Kebudayaan Provinsi DIY dengan menggunakan kerangka Zachman yang  teruji dan nantinya dijadikan rekomendasi untuk penerapan  model sistem informasi tersebut.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Enterprise Architecture Planning dengan kerangka kerja Zachman. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi pustaka. Proses analisis dimulai dengan tahapan perencanaan, pemahaman kondisi saat ini, analisis SWOT yang kemudian melakukan pembuatan model arsitektur enterprise menggunakan kerangka kerja Zahcman, tahapan selanjutnya adalah pembuatan rencana implementasi dan portofolio aplikasi dan proses pengujian model arsitektur enterprise yang meliputi arsitektur data, arsitektur informasi, arsitektur aplikasi, arsitektur teknologi, dan beberapa rekomendasi kepada Dinas Kebudayaan Provinsi DIY. 

Dari penelitian ini dihasilkan blueprint (cetak biru) perancangan Enterprise Architecture Planning (EAP). Dari hasil uji kelayakan bahwa pemodelan arsitektur enterprise yang dibuat layak diterapkan di Dinas Kebudayaan Provinsi DIY serta valid dengan dua kali pengujian pada tahap pertama diperoleh 86.67% dan pada pengujian kedua diperoleh 100%. 

 

Kata Kunci: Enterprise Architecture Planning, Kerangka Kerja Zachman, Dinas Kebudayaan Provinsi DIY.


Full Text:

PDF

References


Kirmanto,Djoko,2008. Pemanfaatan Teknologi Informasi penyelenggaraan Pemerintah di Depertemen Pekerjaan Umum.

_________________.Undang-undang Republik Indonesia Nomor 5 tahun 1992 tentang Benda Cagar Budaya. 1995. Jakarta : Direktorat Perlindungan dan Pembinaan, Peninggalan Sejarah dan Purbakala, Direktorat Jenderal Kebudayaan

Hidayat, Rian.,2012, â€Pembuatan Model Rencana Strategis Pengembangan E-Government Dinas Kelautan dan Perikanan DIY, Tesis S-1 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakrta.

Tanto,.2011,â€Pembuatan Model Manajemen Perubahan Pada Pengembangan E-Government Menggunakan Teori Technology Acceptance Model (TAM) di Dinas Perindagkop Provinsi DIY, Tesis S-1 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakrta.

Spewak, Steven H., Hill, Steven C., Enterprise Architecture Planning: Developing a Blueprint for Data, Applications, and Technology, John Wiley & Sons, 1992.

Surendro,Kridanto,.2007,â€Pemanfaatan Enterprise Architecture Planning untuk perencanaan Strategis Sistem Informas†Jurnal Informatika Vol.8, No 1, Mei 2007: 1 – 9

Hadiati,Desi,.2009,â€Pembuatan Arsitektur Sistem Informasi Dengan Enterprise Architecture PlanningEnterprise Architecture Planning Untuk Mendukung Implementasi Manajemen Berbasis Sekolah (Studi Kasus di SMA Negeri 3 Bandung) Tesis S-1 Institut Teknologi Bandung.

Indrajit, R.E.2002. Electronic Government strategis pembangunan dan pengembangan sistem pelayanan publik berbasis teknologi digital. Yogyakrta : penerbit Andi.

Kridanto, Surendro, 2009, Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi, Bandung.

Surendro, K., Nursikuwagus, Agus, Enterprise Architecture Planning Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Bandung, Prosiding KNSI 2005, 2005, pp. 213-217.

Perencanaan arsitektur enterprise dalam kerangka Zachamn. http://tohaghafara.wordpress.com/2011/08/18/project-management-framework-karimun-e-government/, Senisn 24 Juni 2013

Ward, J., Peppard, J., Strategic Planning for Information Systems, 3rd Edition, John Wiley & Sons, 2002.

Model-Model Sistem. Bisnis. http://www.gangsir.com/download/2-Model-modelSistemBisnis.pdf, Minggu 23 Juni 2013

http://journal.uii.ac.id/index.php/Snati/index/1730/1510. selasa 25 Juni 2013

Al Fatta, Hanif. 2007. Analisis & Perancangan Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi Offset.

Tool K.2 http://www.k2.com/files/5583 Sabtu 11 Januari 2014




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2835

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Khairuddin Khairuddin, Sri Handayaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.