IMPLEMENTASI PROXY SERVER DAN LOAD BALANCING MENGGUNAKAN METODE PER CONNECTION CLASSIFIER (PCC) BERBASIS MIKROTIK (Studi kasus : Shmily.net)

Fiki Justisia Bhayangkara, Imam Riadi

Abstract


            Jaringan Internet sudah merupakan suatu kebutuhan untuk setiap Negara berkembang,  semua itu terkendala ketika bermasalah pada suatu jaringan Internet seperti link disconect maupun down hingga terputusnya jaringan Internet. Permasalahan tersebut akan menjadi suatu hal yang sangat menyusahkan bagi pengguna Internet ketika pengguna sedang dalam keadaan penting atau pada jam-jam kerja yang sangat tergantung pada koneksi Internet dan kemudian koneksi terputus.

Pengembangan proxy server dan load balancing dilakukan tahapan penelitian yang terdiri dari analisa sistem dilanjutkan dengan perancangan sistem yang meliputi perancangan topologi, perancangan server, dan perancangan sistem kemudian pengujian penelitian digunakan uji validasi oleh user Shmily.net.

            Berdasarkan hasil pengujian proxy dan load balancing memperlihatkan bahwa kedua koneksi yang berasal dari dua ISP Speedy dapat berjalan secara bersamaan dan akan otomatis berganti ketika salah satu koneksi terputus dan berjalan normal secara bersamaan ketika kedua koneksi tidak bermasalah. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa sistem load balancing dan proxy server merupakan solusi untuk kebutuhan Internet secara real time.

Kata Kunci : Jaringan, Ubuntu, Proxy, Mikrotik, load balancing

Full Text:

PDF

References


Bagja P., 2010, Konfigurasi load balancing pada sistem jaringan komputer di Balai Besar , Teknik Informatika Universitas Komputer Indonesia Bandung.

Rakhman A., 2011, Membangun Sistem VRRP Menggunakan Sistem Operasi FreeBSD, Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Irfan M., 2010, Penerapan Bandwidth Management menggunakan metode PCC (Per Connection Classifier) di PT. Neuronworks, Teknik Informatika Politeknik Bandung.

Manual book, 2010, Mikrotik Router OS.

Towidjojo R., 2013, Konsep dan Implementasi Routing dengan Router MikroTik – 200% Connected.

Hudson P., 2011, Ebook Ubuntu Unlieshed.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fiki Justisia Bhayangkara, Imam Riadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.