SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN SELEKSI PENERIMAAN BERAS UNTUK KELUARGA MISKIN DENGAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHTING

Aning Setiya Rini, Dewi Soyusiawaty

Abstract


Beras untuk keluarga miskin atau raskin merupakan program pemerintah dalam menanggulangi kemiskinan.Program raskin ini bertujuan untuk membantu kelompok miskin dan rentan miskin mendapat cukup pangan dan nutrisi karbohidrat tanpa terkendala. Namun dalam pelaksanaan raskin ini banyak masalah,diantara masalah tersebut adalah pembagian beras yang salah sasaran, untuk mengatasi masalah tersebut maka dibuat sebuah penelitian untuk mengembangkan suatu aplikasi komputer yang membantu mengambil sebuah keputusan.

Subjek pada penelitian ini adalah aplikasi Sistem Pendukung Keputusan seleksi penerimaan raskin menggunakan metode Simple Additive Weighting. Metode penggumpulan data dengan literatur, dokumentasi, wawancara. Tahap pengembangan aplikasi meliputi perancangan interface, analisis, pembuatan diagram konteks, diagram alir data, Entity Realationship Diagram, mapping table, rancangan tabel, perancangan menu dan antarmuka, implementasi dan pengujian, metode yang digunakan adalah metode Simple Additive Weighting dan pengujian sistem menggunakan blackbox test dan alpha test.

Dari penelitian yang menghasilkan sebuah perangkat lunak sistem pendukung keputusan seleksi penerimaan raskin menggunakan metode Simple Additive Weighting dengan kemampuan dapat membantu menyeleksi warga berdasarkan kriteria-kriteria kondisi rumah, pekerjaan, penghasilan, jumlah tanggungan, aset pribadi. Informasi yang dihasilkan adalah warga layak dan tidak layak menerima beras. Hasil uji coba menunjukkan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan.

Kata kunci: Raskin, Simple Additive Weighting, Sistem Pendukung Keputusan. 


Full Text:

PDF

References


Akbar, Ali. 2005, “ Visual Basic.Net, Belajar Praktis melalui Berbagai Tutorial dan Tips”, informatika, Bandung

Andi,” Pemrograman Visual Basic 6.0”, Andi Yogyakarta, Wahana Komputer.

Semarang

Ariyanto, 2012, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Karyawan Terbaik Dengan Metode Simple Additive Weigthing ”. Skripsi Teknik Informatika, Universitas Sunan Kalijaga, Yogyakarta.

Dyah, Pratiwi, Sistri. “SistemPendukung Keputusan Penerimaan Dana Bantuan Siswa Miskin Menggunakan Metode Simple Additive Weigthing (study kasus SDN Kesek

kecamatan Labang Bangkalan)”.Jurnal Management Informatika. Fakultas Teknik, Universitas Trunojoyo.

Fathansyah, Ir. 2001, Basis Data. Penerbit cv informatika. Bandung.

Kamaludin, Asep, 2012,“Sistem Pendukung Keputusan Dalam Pemilihan Alternatif Alat Kontrasepsi Menggunakan Simple Additive Weigthing”. Jurnal Teknik Informatika, Jurusan Teknik Informatika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri, Sunan Gunung Djati, Bandung.

Kusuma,Sri dkk.2006, Fuzzy Multi- Attribute Decision Marking, Yogyakarta

:Graha ilmu.

Pressman,S.Roger, Ph.D, 1997. Rekayasa Perangkat Lunak. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Tarmuji, Ali, S.T., 2011, Diktat Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Wahyuni, Sri. “Perancangan Sistem Penunjang Keputusan Dalam Pemberian Beras Kepada Warga kelurahan Kurao Pagang Dengan Menggunakan Pemrograman Visual Basic 6.0”.Jurnal Sistem infomasi. UPI YPTK, Padang.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2728

Article Metrics

Abstract view : 178 times
PDF - 643 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal