MEDIA PEMBELAJARAN HIMPUNAN FUZZY BERBASIS MULTIMEDIA

Cendi Praseptyo, Ardi Pujiyanta

Abstract


Pembelajaran Fuzzy Logic tentang Teori Himpunan Fuzzy bagi sebagian mahasiswa sangatlah susah dipahami. Apalagi pada kegiatan belajar mengajar  dalam kelas yang singkat dan banyak materi perhitungan yang abstrak serta metode pembelajaran yang konvensional, tanpa adanya variasi dalam pembelajaran yang dampaknya mahasiswa kurang memahami materi. Hal ini membuat turunnya nilai-nilai  mahasiswa. Untuk itu, perlu dibangun aplikasi pembelajaran agar dapat digunakan mahasiswa sebagai alat bantu untuk mempelajari materi Himpunan Fuzzy pada mata kuliah Fuzzy Logic dan mahasiswa dapat memahami materi himpunan fuzzy dengan mudah. Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Fuzzy Logic untuk Teori Himpunan Fuzzy.  Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, metode wawancara,dan metode observasi. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test. Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Fuzzy Logic khususnya teori Himpunan Fuzzy bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan yang berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat  membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat  bantu dosen untuk menunjang pembelajaran Fuzzy Logic di kelas.

 

Kata Kunci : Fuzzy Logic, Himpunan Fuzzy, Pembelajaran, Multimedia


Full Text:

PDF

References


Buddin, Syafrudin Latuya, 2011, Media Pembelajaran Fuzzy Logic untuk Materi Metode Tsukamoto, Skripsi S1 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Puguh, Ferangga, 2013, Media Pembelajaran Materi Texture Mapping Pada Mata Kuliah Grafika Komputer Berbasis Multimedia, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Pujiyanta Ardi, 2010, Teori dan Aplikasi Fuzzy Logic, Yogyakarta, Ardana Media.

Sanjaya, Wina. 2008. ”Perancangan dan Desain Sistem Pembelajaran”, Pernada Media Group, Jakarta.Santosa P. Insap, Ir., M.Sc.,1997, Interaksi Manusia dan Komputer Teori dan Praktek, Yogyakata, ANDI OFFSET.

Santoso, Insap. 2004. ”Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek”, Andi Offset, Yoyakarta.

Suyanto, M. 2003. ”Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Alat Bersaing”, Andi Offset, Yoyakarta.

Vaughan, Tay. 2006. ”Multimedia : Making It Work”, Andi Offset, Yogyakarta.

Yudhintoro, Dhani. 2010. ”Membuat Animasi Web Dengan Macromedia Profesional 8”, Andi Offset, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2726

Article Metrics

Abstract view : 281 times
PDF - 351 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal