SISTEM PAKAR UNTUK MENDIAGNOSA PENYAKIT HEPATITIS DENGAN METODE FUZZY TSUKAMOTO

Ferry Trisulistyo, Fiftin Noviyanto

Abstract


Penyakit hepatitis merupakan urutan pertama dari berbagai penyakit hepar diseluruh dunia. Virus hepatitis merupakan penyakit infeksi yang penyebarannya luas dalam tubuh walaupun efek yang menyolok terjadi pada hepar. Telah ditemukan 5 kategori virus yang menjadi agen penyebab yaitu Virus Hepatitis A (HAV), Virus Hepatitis B (HBV), Virus Hepatitis C (HVC), Virus Hepatitis D (HDV), Virus Hepatitis E (HEV). Infeksi virus hepatitis bisa berkembang menjadi sirosis atau pengerasan hepar bahkan kanker hepar. Masalahnya, sebagian besar infeksi hepatitis tidak menimbulkan gejala dan baru terasa 10-30 tahun kemudian saat infeksi sudah parah. Pentingnya mengetahui penyebab hepatitis bagi klien adalah apabila ada anggota keluarga menderita penyakit yang sama, supaya anggota keluarga dan klien siap menghadapi resiko terburuk dari penyakit hepatitis beserta komplikasinya sehingga penderita mampu menyiapkan diri dengan pencegahan dan pengobatan.

Pengembangan perangkat lunak sistem pakar ini meliputi, analisis kebutuhan perangkat lunak yang terdiri dari analisis kebutuhan user, analisis kebutuhan sistem dan perancangan rekayasa pengetahuan dimana dalam pembuatan rekayasa perangkat lunak ini data yang terkumpul direpresentasikan sebagai basis pengetahuan, basis aturan dan perancangan mesin inferensi dengan metode fuzzy tsukamoto. Selanjutnya perancangan sistem, yang merancang pembuatan pemodelan proses yang terdiri dari konteks diagram dan DFD, pemodelan data yang terdiri dari perancangan ERD, Mapping Table dan perancangan tabel. Pengembangan proses selanjutnya adalah implementasi menggunakan Visual Basic 6.0 dan tahap akhir pengembangan sistem yaitu pengujian dengan Black Box Test dan Alfa Test.

            Hasil penelitian berupa program aplikasi sistem pakar untuk mendiagnosa penyakit hepatitis dengan metode fuzzy tsukamoto. Keluaran sistem berupa hasil penelusuran penyakit yang dilengkapi nilai kepastian yang diperoleh dengan perhitungan menggunakan metode fuzzy tsukamoto, penyebab, pencegahan dan pengobatan.

Kata kunci : Sistem pakar,  fuzzy tsukamoto, Penyakit Hepatitis

Full Text:

PDF

References


Ari Pujiantoro, 2012, Sistem Pakar Penentuan Jenis Penyakit Hati Dengan Metode Inferensi Fuzzy Tsukamoto, S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Bejo Santoso, 2008, Jaringan syaraf tiruan Backpropagation untuk diagnosa penyakit Hepatitis, S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Kusumadewi, Sri, 2002, Artifical Intelegence (Teknik dan Aplikasinya), Graha Ilmu, Yogyakarta.

Wijaya, Andi, 1990, Diagnosis Laboratorik Penyakit Hati (Program Pustaka Seri Hepatitis 03), Laboratorium Klinik Prodia, Jakarta.

Sulaiman, Ali, 1995, Virus Hepatitis A Sampai E Di Indonesia, Yayasan Penerbit Ikatan Dokter Indonesia, Jakarta.

Muhammad, Arhami, 2005, Konsep Dasar Sistem Pakar, Andi, Yogyakarta.

Pujiyanta, Ardi, 2010, Teori dan Aplikasi Fuzzy Logic, Ardana Media, Yogyakarta.

Tarmuji, Ali.,S.T., 2007, Diktat Rekayasa Perangkat Lunak, Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

http://www2.kompas.com/ver1/Kesehatan/0710/19/o32215.htm/




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2724

Article Metrics

Abstract view : 366 times
PDF - 1260 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal