Perancangan User Experience dan User Interface pada Aplikasi Ruly untuk Mewadahi Korban Sexual Harassment Menggunakan Pendekatan Design Thinking

Teguh Bayu Aji Wibisono, Guntur Maulana Zamroni

Abstract


Kekerasan seksual memiliki dampak serius pada korban, termasuk dampak psikis, ekonomi, dan kesehatan. Penelitian ini melibatkan 16 mahasiswa yang mengungkapkan bahwa satu di antaranya pernah menjadi korban kekerasan seksual namun tidak melakukan upaya penangan lanjut. Temuan ini diperkuat oleh survei Komnas Perempuan tahun 2016 yang melibatkan 25.213 responden daring, di mana 1.636 responden mengaku mengalami kekerasan seksual, namun sebagian besar tidak melaporkan karena takut. Penelitian ini mengeksplorasi penggunaan aplikasi Ruly yang mengintegrasi Chatbot dengan teori Cognitive Behavioral Therapy sebagai solusi untuk korban kekerasan seksual. Pendekatan design thinking digunakan dalam perancangan User Experience & User Interface dengan lima tahapan: empati, definisi, ideasi, prototipe, dan pengujian. Dalam tahap pengujian, penelitian menerapkan Usability Testing dengan variabel seperti learnability, efisiensi, daya ingat, kesalahan, dan kepuasan. Hasil pengujian dengan dua iterasi menunjukkan peningkatan signifikan, dengan nilai rata-rata Usability Testing meningkat dari 70,37 menjadi 85,53. Hal ini menyiratkan bahwa aplikasi Ruly memudahkan pengguna dan mendapat penilaian sangat baik setelah dua kali pengujian.

Keywords


Aplikasi; Chatbot; Design Thinking; Sexual Harassment; UI/UX

Full Text:

PDF

References


M. Riyan, “Perlindungan Anak Terhadap Kekerasan Seksual dalam Pandangan Hukum Positif dan Hukum Islam”, Universitas Negeri Islam Sultan Maulana Hasanuddin Banten, 2021.

A. Purwanti dan M.Hardiyanti, “Strategi Penyelesaian Tindak Kekerasan Seksual Terhadap Perempuan Dan Anak Melalui Ruu Kekerasan Seksual”, Jurnal Masalah-Masalah Hukum, Vol. 47, No. 2, pp. 138-148, 2018.

Nur, Y., Rahma, A., Yantami Arumsari, R., & Adhika, F. A., “Perancangan Aplikasi Untuk Korban Pelecehan Seksual di Indonesia”, Universitas Telkom, 2020.

A. Hidayat, “Kekerasan terhadap Anak dan Perempuan”, Jurnal Studi Pendidikan dan Keislaman, Vol. 8 No. 1 pp. 22-33, 2021.

Permendikbudristek. “Permendikbudristek Nomor 30 Tahun 2021”, https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/188450/ permendikbud-no-30-tahun-2021, 2021.

A. Jariyah, “Konseling Islam Melalui Cognitive Behavior Therapy Untuk Menangani Trauma Seorang Anak Korban Pelecehan Seksual Fisik Di Lembaga Perlindungan Anak Jawa Timur”, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2019.

R. Juwita, K. D. Dwivayani, dan N. Hananah, “Therapeutic Communication For Children Victims of Sexual Violence In Citra Tepian-Samarinda”, Jurnal Aristo (Social, Politic, Humaniora), Vol. 10, No. 1, pp. 149-166, 2022.

F. Nurliana, G. Hanifati, dan F, Ali, “Analisis User Experience terhadap User Interface Website dengan Design Thinking”, Jurnal Ilmiah Komunikasi dan Media, Vol. 6, No. 2, pp. 971-991, 2022.

D. Yuliana dan I. Kresna, “Rancang Bangun User Interface (UI) dan User Experience (UX) pada Sistem Informasi Pengarsipan Dokumen Berbasis Website di Kabupaten Tegal”, Jurnal Informatic and Information Technology, Vol. 1, No. 2., pp. 50-59, 2022.

D. Alifandra dan S. Wijirahayu, “Pengenalan Chatbot sebagai Media Pembelajaran Moderen bagi Pelajar di Lingkungan Masyarakat”, Jurnal Pendidikan, Vol. 3, No. 1, pp. 1-6, 2022.

D. K. Aini, “Penerapan Cognitive Behavior Therapy dalam Mengembangkan Kepribadian Remaja di Panti Asuhan”, Jurnal Ilmu Dakwah, Vol. 39, No. 1, pp.70-89, 2019.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v12i1.27234

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Teguh Bayu Aji Wibisono, Guntur Maulana Zamroni

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.