SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PENENTUAN KESESUAIN JENIS LAHAN PERTANIAN UNTUK BUDIDAYA TANAMAN BUAH-BUAHAN MENGGUNAKAN METODE SIMILARITY BERBASIS WEB

Astreanto Habibullah, Sri Winiarti

Abstract


Hambatan pembudidayaan tanaman buah salah satunya adalah menentukan kesesuaian lahan pertanian. Hal ini disebabkan kurangnya informasi tentang penentuan kesesuaian jenis lahan pertanian dan keterbatasan pengetahuan petani. Selain itu, pihak penyuluh pertanian terkadang mengalami kesulitan dalam menghafal fakta kondisi lahan untuk penanaman jenis tanaman buah, sehingga perlu adanya media bantu berupa sistem yang dapat memberikan informasi solusi kapan saja.

Penelitian ini membangun sebuah perangkat lunak sistem pendukung keputusan berbasis web mengenai penentuan kesesuaian jenis lahan pertanian untuk pembudidayaan tanaman buah-buahan menggunakan metode similarity. Sebuah metode yang akan mencari solusi kesimpulan berdasarkan kemiripan objek yang ada kemudian dipilih solusi dengan nilai similarity terbesar. Tahap pengembangan aplikasi diawali dengan tahap analisis sistem meliputi analisis data, deskripsi kebutuhan sistem dan rekayasa pengetahuan yang disajikan dalam bentuk tabel basis pengetahuan, tabel keputusan, tabel aturan, penghitungan nilai similarity, diagram konteks, diagram alir data, entity relationship diagram dan tabel perancangan sistem meliputi spesifikasi proses, perancangan mapping table dan perancangan antarmuka. Tahap akhir adalah  implementasi dan pengujian aplikasi. Aplikasi ini menggunakan bahasa pemrograman PHP dengan menggunakan database MySql.

Penelitian yang dilakukan menghasilkan perangkat lunak sistem yang berguna sebagai media konsultasi mengenai penentuan kesesuaian lahan pertanian untuk pembudidayaan tanaman buah-buahan dan cara penanaman tanaman buah-buahan. Informasi yang dihasilkan berbasis pada kriteria lahan yang ada, sehingga keputusan yang dibuat oleh sistem untuk jenis tanaman buah mengacu pada kriteria lahan tersebut dilengkapi dengan cara penanaman tanaman buah-buahan. Hasil uji coba menunjukan bahwa aplikasi layak dan dapat digunakan.

Kata kunci : Sistem Pendukung Keputusan, Similarity, Tanaman Buah.


Full Text:

PDF

References


Susanti, Fitriana, 2011, Sistem Pakar Penentuan Kesesuaian Lahan Pertanian untuk Pembudidayaan Tanaman Buah-buahan, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Trisnawati, Meilia Adiana, 2010, Sistem Pakar Untuk Menentukan Kualitas Lahan Berdasarkan Jenis, Fungsi, Dan Topografi Atau Kemiringan Lahan, Skripsi S-1, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Amikom, Yogyakarta.

Supranto, Johannes., 2005, Teknik Pengambilan Keputusan, Jakarta: PT Rineka Cipta.

Kusumadewi, Sri, 2009, Informatika Kesehahatan, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Winiarti, Sri, 2010, Diktat Kuliah Kecerdasasn Buatan untuk Teknik Informatika. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Kadir, Abdul, 2001, Konsep dan Tuntunan Praktis Basis Data,. Yogyakarta: Andi Offset.

Simarmata, Janner, 2010. Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta: Andi Offset.

Sunarjo, Hendro, 2010, Berkebun 21 Jenis Tanaman Bua, Jakarta: Penebar Swadaya.

Sidik, Betha, 2006. Pemrograman WEB dengan PHP, Bandung: Informatika Bandung.

Djaenudin, D., Marwan, H., Subagjo, H., dan A. Hidayat, 2011, Petunjuk Teknis Evaluasi Lahan Untuk Komoditas Pertanian, Balai Besar Litbang Sumberdaya Lahan Pertanian, Badan Litbang Pertanian, Bogor.

Trisnawati, Meilia Adiana, 2010, Sistem Pakar Untuk Menentukan Kualitas Lahan Berdasarkan Jenis, Fungsi, Dan Topografi Atau Kemiringan Lahan, Skripsi S-1, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer Amikom, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2686

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Astreanto Habibullah, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.