MEDIA PEMBELAJARAN KOMPOSISI TRANSFORMASI BERBASIS MULTIMEDIA

Moh Amin Aqib, Ardi Pujiyanta

Abstract


Berdasarkan hasil nilai kuis Grafika Komputer yang telah dilakukan, bahwa  jumlah prosentase mahasiswa banyak yang mendapat nilai di bawah standart kompetensi dikarenakan mahasiswa sukar untuk menguasai materi Grafika Komputer khususnya pada pokok pembahasan Komposisi Transformasi. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan suatu bentuk aplikasi pembelajaran Grafika Komputer mengenai pokok pembahasan Komposisi Transformasi sehingga dapat membantu dosen dan mahasiswa dalam kegiatan belajar mengajar. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan minat belajar dan motivasi dalam kegiatan belajar khususnya mengenai materi Komposisi Transformasi.

Metode penelitian ini dilaksanakan dengan mengidentifikasi permasalahan, pengumpulan data, interview dan kuesioner. Metode literatur  dilakukan dengan studi pustaka yaitu membaca dan membandingkan buku dan artikel yang terkait. Wawancara dilakukan kepada dosen pengampu mata kuliah Grafika Komputer. Penyebaran kuisioner terkait tentang perhitungan materi Komposisi Transformasi. Data yang terkumpul digunakan untuk menganalisis user, kebutuhan user,  kebutuhan sistem. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah yang diperoleh, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, design document dan diagram navigasi, merancang naskah, merancang grafis. Hasil analisis digunakan untuk membuat aplikasi pembelajaran Grafika Komputer untuk materi Kompisisi Transformasi, dan aplikasi multimedia dibuat dengan menggunakan software adobe flash CS5.

Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media Pembelajaran Grafika Komputer  untuk materi  Komposisi Transformasi. Aplikasi telah diuji coba  menggunakan black box test dan alpha test. Tes uji diperoleh persentasi penilaian terhadap sistem  yaitu  SS (sangat setuju) = 48/100 x 100% = 48% , S (setuju) = 86/100 x 100% = 86%, KS (kurang setuju) = 6/100 x 100%  = 6%. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat  membantu proses pembelajaran mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran Grafika Komputer untuk materi Komposisi Transformasi.

Kata Kunci : Media Pembelajaran, Grafika Komputer, Komposisi Transformasi

Full Text:

PDF

References


Budisetyo, Handoko, 2011, Mahir Dalam 7 Hari Adobe Flash Pro CS5.5, Andi, Yogyakarta.

Daryanto, Tri, 2005, Sistem Multimedia Dan Aplikasinya, Graha ilmu, Yogyakarta.

MACOMS, Madiun. 2008, Adobe Flash CS3 Profesional, Andi, Yogyakarta.

Pujiyanta, Ardi, Ir. MT., 2011, Grafika Komputer Ardana Media, Yogyakarta.

Sutrisna, Aditya, 2012, Alat Bantu Pembelajaran Grafika Komputer Transformasi 2d Berbasis Multimedia, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Sulistyorini, Farida, S.T. dan Winiarti, Sri, S.T., 2009, Diktat Interaksi Manusia Komputer, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Tarmuji, Ali, S. T., 2009, Diktat Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta.

Arfiani, Ika, 2008, Implementasi Multemedia Sebagai Alat Bantu Pembelajaran Materi Geometri Pencitraan Mata Kuliah Computer Vision, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Fadliasyah, S.T., Pengantar Grafika Komputer, Andi, Yogyakarta.

Puspitosari, Heni, Membuat Presentasi Multimedia Tingkat Lanjut, Skripta Media Creative, Yogyakarta.

http://staff.blog.ui.ac.id/onggo.wiryawan/files/2010/03/1bab_komposisi transformasi.pdf

http://www.scribd.com/doc/71518306/Komposisi Transformasi, Diunduh 28 juni 2012

http://www.scribd.com/doc/71518306/Contoh soal Komposisi Transformasi, Diunduh 28 juni 2012

http://www.flashmo.com/fm_zip_files_0912/flashmo_219_fan.zip Di unduh 02 Juli 2012




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2641

Article Metrics

Abstract view : 97 times
PDF - 814 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal