SISTEM IDENTIFIKASI CITRA JAHE (ZINGIBER OFFICINALE) MENGGUNAKAN METODE JARAK CZEKANOWSKI

Shinta Nur Desmia Sari, Abdul Fadlil

Abstract


Sistem pengenalan untuk identifikasi jahe berbasis komputer merupakan proses memasukkan informasi berupa citra jahe ke dalam komputer. Selanjutnya komputer menerjemahkan serta mengidentifikasi jenis jahe tersebut dengan menggunakan metode klasifikasi Czekanowski.

Pada penelitian ini telah dilakukan perancangan sistem identifikasi jahe yang memanfaatkan kamera digital untuk akuisisi data citra jahe. Selanjutnya dilakukan pemrosesan awal, ekstrasi ciri dan pengklasifikasi. Pada pengembangan sistem ini terdiri 2 tahap yaitu tahap penentuan pola standar referensi dan pengujian. Data yang digunakan sebagai standar referensi sebanyak 5 sampel untuk masing-masing jenis jahe yaitu jahe merah, jahe gajah dan jahe emprit. Sedangkan untuk pengujian untuk kerja sistem menggunakan 20 sampel untuk masing- masing jenis jahe.

Proses klasifikasi dalam penelitian ini adalah Czekanowski menggunakan pengurangan  rerata citra sampel dengan vektor dan histogram citra testing dengan membandingkan nilai minimum dari metode metrik tersebut. Pengujian unjuk kerja sistem dilakukan dengan melakukan variasi ukuran citra 60x40, 30x20, 15x10 dan 10x10. Hasil pengujian identifikasi citra jahe menunjukkan tingkat akurasi yang tinggi sebesar 81,67%  pada ukuran citra yaitu 15x10 menggunakan ekstraksi ciri vektor dan teknik klasifikasi metode jarak Czekanowski.

 

Kata kunci: Identifikasi jahe, Vektor, Metode jarak.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Muhammad, 2008, Analisis perbandingan deteksi tepi Citra menggunakan metode Canny, gradien, dan laplacian of gaussian, skripsi S-1,Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Murhananto, dan Farry. B. Paimin, 2006, Budi daya, Pengolahan, Perdagangan Jahe, Penebar Swadaya, Jakarta.

Mohamad Aditya Rahman, Ir. Sigit Wasista, M.Kom, Sistem Pengenalan Wajah menggunakan webcam untuk absensi dengan metode Template Matching, Jurusan Teknik Elektronika, Politeknik Elektronika Negeri Surabaya Kampus PENS-ITS Sukolilo, Surabaya .

Munir , Rinaldi. 2004. Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik. Informatika. Bandung.

Putra , Darma. 2010. Pengolahan Citra Digital. Andi. Yogyakarta.

Sudarsono, Pudjoarinto,A., Gunawan, D., Wahyuono, S., Donatus, A.L., Purnomo, Dradjad, M.,Wibowo, S., Ngatijan, 1996, Tumbuhan Obat, PPTO UGM, Yogyakarta.

Sung-Hyuk Cha.2007.Comprehensive Survey on Distance/Probability Density Function, Journal of Mathematical Models and Methods in Aplied Sciences, issue 4, volume 1, pp 300-307.

Syamsuhidayat, Sri Sugati dan Hutapea, Jhonny Ria, 1991, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan RI, Jakarta.

Wahyu, Nugraha, Heru. 2011. Identifikasi Citra Kacang Menggunakan Metode Jarak Manhattan dan Euclidean. Skripsi S-1. UAD. Yogyakarta.

Fadlil, A. 2011, Petunjuk Praktikum Pengenalan Pola, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2640

Article Metrics

Abstract view : 307 times
PDF - 451 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal