SISTEM IDENTIFIKASI CITRA RIMPANG PADA TANAMAN FAMILI ZINGIBERACEAE (TEMU – TEMUAN) MENGGUNAKAN METODE FUNGSI JARAK ONE MINUS CORRELATION COEFFICIENT

Dian Permata Sari, Abdul Fadlil

Abstract


Indonesia merupakan negeri tropis yang kaya akan keanekaragaman hayati dan salah satu kekayaannya memiliki potensi besar untuk dikembangkan menjadi tanaman obat dari rimpang pada tanaman famili Zingiberaceae. Belum adanya sistem cerdas pada mesin/komputer untuk mengidentifikasi citra pada rimpang tanaman tersebut, sehingga dibutuhkan sistem cerdas untuk mengidentifikasikannya.

Pada penelitian ini telah dilakukan perancangan sistem identifikasi citra rimpang. Metode yang digunakan metode fungsi jarak yaitu metode pencocokan pola matriks referensi dengan pola matriks yang akan diujikan untuk mendapatkan jarak antara keduanya. Salah satu metode tersebut adalah One Minus Correlation Coefficient. Ekstrasi ciri yang dipakai adalah histogram dan perhitungan vektor sedangkan Software yang dibutuhkan untuk membangun sistem ini adalah dengan menggunakan Matlab R2009a. Data yang digunakan sebagai citra pelatihan sebanyak 5 sampel dan citra uji sebanyak 25 sampel untuk masing–masing jenis rimpang.

Pengujian dengan variasi ukuran citra hanya dilakukan pada ekstrasi ciri vektor. Hasil pengujian sistem identifikasi citra rimpang menggunakan ekstrasi perhitungan vektor menunjukkan tingkat akurasi terbesar pada ukuran citra 45 x 20 dan 10 x 5 yaitu 86,67% dan pada citra ukuran 60 x 45 dengan ekstrasi ciri yang sama, tingkat akurasi hanya sebesar 85,33%, sedangakan menggunakan ekstrasi ciri histogram tingkat akurasinya sebesar 77,33%.

Kata kunci: Identifikasi Rimpang, Histogram, Perhitungan Vektor, One Minus

Correlation Coefficient


Full Text:

PDF

References


Achmad, Balzar, dan Firdausy, Kartika. 2005. Teknik Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Ardi publishing.

Fadlil, Abdul. 2011. Petunjuk Praktikum Pengenalan Pola. Fakultas Teknologi Industri, Laboratorium Multimedia, Program Studi Teknik Informatika – Universitas Ahmad Dahlan.

Fitri Rahmawati, Resa. 2011. Segmentasi Citra Medik MRI (Magnetic Resonance Imaging) Menggunakan Metode Region Threshold. Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Informatika – Universitas Ahmad Dahlan.

Harmono, STP dan Agus Andoko. 2005. Budidaya dan Peluang Bisnis Jahe. Jakarta: Agromedia Pustaka.

Helmina, Andretha dan Vina Fitriani. 2007. Uluran Tangan Herbal. Trubus.

Kurniawan, Harry dan Taufiq Hidayat. Perancangan Program Pengenalan Wajah Menggunakan Fungsi Jarak Metode Euclidean Pada Matlab. Skripsi S-1.Universitas Islam Indonesia.

Montoso Gardens. 2007. Zingiberaceae (ginger family).

Munir, Rinaldi. 2004. Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik. Bandung: Penerbit Informatika.

Paramitasari, Dyah R. 2011. Panduan Praktis, Lengkap, dan Menguntungkan Budidaya Rimpang, Jahe, Kunyit, Kencur, Temulawak. Yogyakarta: Cahaya Atma.

Pratimi Katulistyanti, Vivi. 2010. Segmentasi Citra Terwasi Berdasarkan Fitur Tekstur Menggunakan Filter Gabor dan Watershed Transformation. Skripsi S-1. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Putra, Dharma. 2010. Pengolahan Citra Digital. Yogyakarta: Andi Offset.

Rukmana, H.Rahmat. 2004. Temu – Temuan : Apotik Hidup Di Pekarangan. Yogyakarta: Kanesius.

Wahyu, Nugraha, Heru. 2011. Identifikasi Citra Kacang Menggunakan Metode Jarak Manhattan dan Euclidean. Skipsi S-1. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Yosi Sofiana, Muhammad. 2008. Aplikasi Pengolahan Citra Menggunakan Metode Thresholding untuk Mendeteksi Kerusakan Gerabah. Fakultas Teknologi Industri, Jurusan Teknik Informatika – Universitas Ahmad Dahlan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i2.2638

Article Metrics

Abstract view : 287 times
PDF - 405 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal