APLIKASI MULTIMEDIA SEBAGAI MEDIA INFORMASI PADA PENGENALAN MONUMEN YOGYA KEMBALI YOGYAKARTA

Zulkarnain Effendi, Murinto Murinto

Abstract


Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat saat ini, multimedia merupakan salah satu hal yang paling trend dan unggul di dunia teknologi informasi. Multimedia merupakan salah satu kecanggihan teknologi komputer untuk mengolah data menjadi suatu informasi yang menarik dan berguna bagi masyarakat. Monumen Yogya Kembali Yogyakarta merupakan suatu tempat atau sarana untuk mengabadikan peristiwa, memperingati dan mewariskan semangat nilai-nilai luhur perjuangan bangsa Indonesia kepada generasi penerus. Dalam penyampaian suatu informasi Monumen Yogya Kembali Yogyakarta sampai saat ini masih menggunakan media cetak buku panduan dan web yaitu www.monjali-jogja.com sebagai media untuk memperkenalkan dan penyampaian informasinya. Media cetak buku panduan dan web yang ada saat ini hanya berisi tentang informasi gambaran secara umum saja dari Monumen Yogya Kembali Yogyakarta dan koleksi - koleksi  yang ada di Monumen Yogya Kembali Yogyakarta, sedangkan untuk keterangan dan penjelasan dari koleksi-koleksi yang ada di Museum Monumen Yogya Kembali belum sepenuhnya ada yaitu hanya berupa nama dari koleksi yang ada dan disajikan dalam bentuk papan nama.                                                                 Subjek penelitian dalam skripsi ini adalah membangun sebuah media informasi pada koleksi yang ada dilantai 1 ruang museum III dan koleksi Diorama dilantai 2 yang diimplementasikan dengan menggunakan multimedia interaktif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara langsung, kepustakaan dan dokumentasi. Pada tahap perancangan sistem untuk menyusun sistem yang baru dilakukan beberapa tahap perancangan konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test, dan aplikasi multimedia ini dibuat dengan menggunakan software Macromedia Flash CS8.

Hasil dari penelitian ini adalah Aplikasi Multimedia Sebagai Media Informasi Pada Pengenalan Monumen Yogya Kembali Yogyakarta. Dengan hasil pengujian didapat prosentase penilaian= 100% untuk Blackbok test dan untuk Alfa test diperoleh prosentase nilai sangat setuju= 44,16%, setuju= 54,17%, Kurang setuju= 0%, tidak setuju= 0% dan prosentase penilaian= 100% untuk hasil Uji Kelayakan Aplikasi. Berdasarkan hasil uji coba yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa aplikasi multimedia ini dapat dipergunakan sebagai media informasi kepada pengunjung terutama pengunjung dalam bentuk rombongan untuk memahami dan mendapatkan sebuah informasi mengenai koleksi yang ada dilantai 1 ruang museum III dan koleksi lantai 2 ruang Diorama di Monumen Yogya Kembali Yogyakarta.

 

Kata Kunci : Multimedia, Monumen Yogaya Kembali, Teknologi Informasi.

Full Text:

PDF

References


Arif Harjanto, 2006, Multimedia Interaktif Sebagai Media Informasi Pada Pasar Seni Gabusan Bantul Yogyakarta, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Rijaya M Agus, 2010, Aplikasi Multimedia Untuk Penyajian Informasi Candi Prambanan, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Santoso, I, 1997, Interaksi manusia dan komputer teori dan praktek, Andi, Yogyakarta.

Jogianto, H.M, 1999,Animasi dan desain sistem informasi : Pendekatan Struktur Teori dan Praktek Aplikasi Bisnis, Andi, Yogyakarta

Laura Lemay,s ,uft M,John, mohler I, Jamei, 1997, Desain Grafik dan Halaman web, PT.Elek media komputindo

Utami Sri Dra, Sugito Benny Bsc, Pranowo Yudi, 2000, Buku Petunjuk Koleksi Monumen Yogya Kembali, Badan Pengelola Monumen Yogya Kembali, Yogyakarta.

Suyanto, M. 2003.”Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Alat Bersaing”. Andi, Yogyakarta.

Chandra,I.K.,1999, Multimedia PC, PT Elex Media Komputindo, Jakarta.

http://www.mediaindonesia.com, Senin, 06 Agustus 2012, Kenang Sejarah Perebutan Yogya di Monjali.

http://www.alamatjogja.com, Kamis, 09 Agustus 2012, Wisata Sejarah dan Budaya / Alamat Monumen Jogja Kembali.

http://id.wikipedia.org, Kamis, 09 Agustus 2012, Museum Monumen Yogya Kembali.

http://www.monjali-jogja.com, 12 Agustus 2012, Situs Resmi Monumen Yogja Kembali Yogyakarta.

http://www.nurmanto.com, 01 September 2012, Pengertian Grafika Komputer.

http://pulung-online.blogspot.com 11 November 2012, Pengertian Diorama.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2631

Article Metrics

Abstract view : 264 times
PDF - 518 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal