PENERAPAN SISTEM MONITORING TERAPI ARV(ANTIRETROVIRAL) DENGAN METODE CLIENT SERVER BERBASIS SMARTPHONE PADA RSUP DR. SARDJITO

Zia Ulhaq, Wahyu Pujiyono

Abstract


AIDS (Acquired Immune Deficiency Syndrome) adalah salah satu penyakit yang menyita perhatian yang besar dalam dunia medis. AIDS merupakan suatu penyakit yang berupa sekumpulan gejala dan infeksi atau sindrom yang ditimbulkan oleh rusaknya sistem kekebalan tubuh manusia akibat infeksi virus HIV (Human Immunodeficiency Virus). Penangan penyakit AIDS dalam dunia medis adalah dengan terapi pengobatan ARV. Dalam menjalankan terapi ARV harus meminum obat harus disiplin ketat dan terus menerus seumur hidup ODHA(Orang Dengan HIV / AIDS) untuk menghambat replikasi virus HIV, namun dalam kenyataanya banyak pasien penyakit AIDS yang tidak mendapatkan hasil yang optimal dalam menalankan terapi HIV, karena kurangnya tingkat kepatuhan pasien dalam mengkonsumsi obat dalam menjalani terapi ARV.  

Subjek yang menjadi penelitian ini adalah penerapan sistem monitoring untuk pemantauan pelaksanaan terapi pengobatan ARV. Metode penelitian yang digunakan dengan studi pustaka dan wawancara dengan petugas klinik pengobatan HIV/AIDS. Tahap analisis dilakukan untuk menentukan spesifikasi sistem monitoring agar sesuai dengan kebutuhan. Tahap analisis meliputi perancangan sistem, perancangan database dan perancangan antarmuka. Metode yang digunakan pada tahap implementasi adalah client server, dimana aplikasi server dikembangkan menggunakan PHP dengan Framework Codeigniter, sedangkan aplikasi client menggunakan bahasa pemrograman JAVA untuk mengembangankan aplikasi berbasis smartphone Android. Sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode yaitu Black Box Test dan Alfa Test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem monitoring yang terdiri dari aplikasi server  berbasis web dan aplikasi client berbasis Android yang dapat membantu proses pemantauan kepatuhan dan pemantauan pekembangan CD4 pasien HIV/AIDS ARV untuk mensukseskan pelaksanaan terapi ARV.

Kata kunci : Client server, monitoring,  Android, terapi ARV,  kepatuhan, CD4.


Full Text:

PDF

References


Grady Booch, James Rumbaugh, Ivar Jacobson. The Unified Modelling Language User Guide.1998. Addison Wesley

Safaat H, Nazruddin. Pengembangan Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet Berbasis Android. 2011. Bandung:Informatika

Wardana. Menjadi Master PHP dengan Framework Codeigniter. 2010. Jakarta:PT Elexmedia Komputindo

Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Pedoman Nasional Tatalaksana Klinis Infeksi HIV dan Terapi Antiretroviral pada orang Dewasa dan Remaja. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI

Reto,Meier. 2010. Professional Android 2 Application Development.Wiley Publishing,Inc.

Hemmer, F.M. 2005. Two Tier Client / Server Database Development For Aligment Data At the Relativistic Heavy ION Collider and Alternating Gradient Synchrotron.

Abeysinghe, Samisa. 2008. RESTful PHP Web Services. Mumbai:PACKT Publishing

Putra, Billy Pramboro dan Umi Laili Yuhana. 2011. “Rancang Bangun Aplikasi Pemantau Pengguna Perangkat Bergerak Anak Berbasis Androidâ€. Jurusan Teknik Informatika Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.

Tanuwijaya, Andri Valentino, Rudy Wijaya dan Ardiansyah Wardoyo. 2012. “Analisis Dan Perancangan Sistem Monitoring Pasien Berbasis Fuzzy pada Rumah Sakitâ€.

http://en.wikipedia.org/wiki/ System_monitoring/http:// en.wikipedia.org/ wik i/System_monitoring

http://www.ni.com/white-paper/4431/en, 12 Desember 2012, Understanding Client - Server Applications - Part I

http://developer.android.com/google/gcm/index.html. 12 Desember 2012, Google Cloud Messaging for Android

http://id.wikipedia.org/wiki/REST. 12 Desember 2012, REST

http://toastytech.com/guis/remotecliserver.html




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Zia Ulhaq, Wahyu Pujiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.