SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN DAERAH RAWAN TANAH LONGSOR DI KABUPATEN GUNUNG KIDUL BERBASIS WEB

Sari Mulyaningsih, Tedy Setiadi

Abstract


Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat dan Penanggulangan Bencana (Kesbangpolinmasbena) berwenang dalam upaya penanganan bencana alam terutama bencana tanah longsor dan sistem penanggulangannya. Badan ini mengalami kesulitan dalam menganalisa serta penyampaian informasi untuk memetakan daerah rawan tanah longsor karena selama ini masih menggunakan peta konvensional sebagai acuan untuk melaksanakan kegiatan tersebut. Kekurangan dari peta konvensional yaitu sulit dalam mengupadate serta memiliki resiko kerusakan dan kehilangan data. Berdasarkan masalah yang ada, penelitian ini bertujuan untuk memudahkan dalam mengumpulkan dan mengolah informasi mengenai daerah yang rawan tanah longsor sehingga bisa tertangani lebih dini.

Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan studi pustaka. Tahapan yang dilakukan dalam sistem ini yaitu dengan menganalisa kebutuhan sistem, merancang sistem, mengimplementasikan rancangan sistem dengan mengunakan Macromedia Dreamweaver, PHP, melakukan proses digitasi peta dan overlay dengan menggunakan ArcView 3.3 serta pengujian sistem dengan black box test dan alfa test.

Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah telah dibuat suatu aplikasi ”SIG Pemetaan Daerah Rawan Tanah Longsor di Kabupaten Gunung Kidul” berbasis Web yang mampu memberikan informarsi kepada masyarakat tentang tingkat kerawanan tanah longsor di masing masing daerah, jalur evakuasi, kejadian tanah longsor dan memberikan informasi mengenai mitigasi (pencegahan dan penanggulangan) terhadap bencana tanah longsor.

Kata kunci: Tanah, Tanah Longsor, Website, SIG


Full Text:

PDF

References


Hidayanti, Rachmah., 2008, Sistem Informasi Geografi Pemetaan Daerah Rawan Banjir di Wilayah Kota Tangerang, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan.

Widyati, Ika., 2008, Sistem Informasi Geografis Pemetaan Dareah Rawan Tanah Longsor di Kabupaten Kulonprogo, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan.

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Gunungkidul, 2001, Penelitian Daerah Rawan Longsor dan Sistem Penanggulangannya Di Kabupaten Gunungkidul, Laporan Akhir, BAPPEDA Gunungkidul

Fathansyah, Ir, 1999, Basis Data, Penerbit Informatika, Bandung.

Nuarsa, I Wayan, 2005, Menganalisis Data Spasial Dengan ArcView 3.3 Untuk Pemula, Elex Media Komputindo, Jakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2625

Article Metrics

Abstract view : 709 times
PDF - 1347 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal