MEDIA PEMBELAJAR JARINGAN SARAF TIRUAN MATERI MESIN BOLTZMAN BERBASIS MULTIMEDIA

Redha Rizky Firdaus, Ardi Pujiyanta

Abstract


Peningkatan mutu pendidikan merupakan salah satu unsur konkrit yang sangat penting dalam upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sejalan dengan itu, hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah masalah prestasi belajar. Berdasarkan data nilai kuis Jaringan Saraf Tiruan 2011, 49% mahasiswa yang mendapatkan nilai dibawah 60 dan dapat dilihat dari hasil kuisioner tentang materi Mesin Boltzman  kepada 21 mahasiswa, bahwa mahasiswa kurang pemahaman materi dan kesulitan dalam langkah-langkah penyelesain Algotirma Mesin Boltzman dengan persentasi 62 %. Berdasarkan permasalahan diatas, maka diperlukannya pembuatan multimedia pembelajaran sebagai alat bantu untuk mempelajari materi Mesin Boltzman  bagi mahasiswa diluar jam perkulihan.

Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Jaringan Saraf Tiruan untuk materi Mesin Boltzman. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, metode wawancara, metode observasi dan metode kuesioner. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup mendefinisikan masalah, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, uji sistem dengan black box dan alpha test.

Hasil penelitian ini adalah aplikasi bantu pembelajaran untuk matakuliah Jaringan Saraf Tiruan khusunya untuk materi Mesin Boltzman. Berdasarkan hasil uji coba dapat disimpulkan bahwa aplikasi bantu pembelajaran ini dapat digunakan sebagai alat bantu yang dapat menunjang pembelajaran dalam memberikan variasi dan untuk penyampaian informasi dengan cara yang lebih baik.

Kata Kunci : Jaringan Saraf Tiruan Materi Mesin Boltzman, Pembelajaran, Multimedia. 


Full Text:

PDF

References


Binanto, Iwan, 2010, Multimedia digital dasar teori + pengembangannya, Penerbit Andi, Yogyakarta

Cahyono, N., 2005, Pengembangan CAI Mata Pelajaran Fisika Pada Materi Pokok Fluida, Momentum Sudut dan Rotasi Benda Tegar Berbasis Multimedia, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

D. Prasetyo, Sigit, 2011, Alat Bantu Pembelajaran Jaringan Saraf Tiruan Pada Materi Bidirectional Assosiative Memory berbasis multimedia, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Dewi, Uji, Septi, Wulan, 2010, Aplikasi Bantu Pembelajaran Penyelesaian Sistem Persamaan Metode Gauss Jordan dan atuaran Cermer pada Mata Kuliah Aljabar Linier Dan Matriks, Skripsi-S1, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Dohan, Astriano, 2008, Pembelajaran fisika melalui komputer untuk anak SMA berbasis multimedia, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Fausett, Laurence, Fundamentals of Neuron Network Architectur, Algorithms, and Applications,, Florida Institute of Technology Prentice Hall, Engle Wood Cliffs, New Jersey 07632, 1994.

Jek, Jing, Siang, 2005, Jaringan syaraf tiruan dan pemrogramannya menggunakan matlab, Andi, Yogyakarta.

M. Said, Ilham, 2008, Pengembangan Sarana Pengajaran Dengan Sistem Multimedia Untuk Menggali Kecerdasan Anak TK, Universitas Muhammadiyah Gresik, Gresik.

Noviyanto,F.,2003,Membangun system pembelajaran interaktif berbasis animasi dan multimedia, Skripsi S-1,Teknik Informatika, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Rahmawati, Fitri, 2011, Aplikasi Bantu Pembelajaran Jaringan Syaraf Tiruan Pada Materi Perceptron, Skripsi-S1, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta

Sommerville, Ian, 2005, Software Engineering, Rekayasa Perangkat Lunak, Erlangga, Jakarta.

Sutrisno, 2009, Media pembelajaran bahasa inggris tentang Alphabet untuk taman kanak-kanak berbasis multimedia, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatakn Keunggulan Bersaing, Andi, Yogyakarta.

Pujianta, Ardi, 2011,Teori dan aplikasi jaringan saraf tiruan , Ardana Media, Yogyakarta.

Puspitaningrum, Diyah, 2006, Pengantar jaringan saraf tiruan, Andi, Yogyakarta.

http://Ardipy.blogspot.com (terkhir di akses tanggal 8 juni 2012)

http://Jamaludin27090.blogspot.com/2011/03/fungsi-dan-manfaat-media-pembelajaran.html (terkhir di akses tanggal 2 juni 2012)




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2618

Article Metrics

Abstract view : 95 times
PDF - 533 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal