SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN DENGAN PEMETAAN UNTUK MENINGKATKAN EKONOMI BERBASIS INDUSTRI KECIL

Kintung Prayitno, Wahyu Pujiyono

Abstract


Kantor Penelitian Dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (Litbang Iptek) Wonogiri. mendapat tugas membuat software untuk menentukan lokasi yang akan dijadikan sentra  industri di  Kabupaten Wonogiri . Tujuan penelitian ini adalah membantu pemerintah, investor dan pengusaha dalam menentukan lokasi industri kecil. Penentuan prioritas lokasi industri kecil di pengaruhi kreteria – kreteria diantaranya  terkait sumber daya alam, sumber daya manusia, transportrasi, dan pemasaran.

Subjek dalam penelitian ini adalah Sistem pendukung keputusan dengan menggunakan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) dan hasil dari perhitungan AHP berupa lokasi industri kecil yang ditunjukan dengan peta.   Kreteria – kreteria itu akan dijadikan pendukung keputusan dengan metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) berbasis web. Metode Langkah pengembangan aplikasi diawali dengan pengumpulan data untuk mendukung keputusan, analisis data, deskripsi kebutuhan sistem, pembuatan diagram alir data, perancangan antarmuka, pengkodean dan pengujian sistem dengan black box test dan alfa test.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak tentang ”Sistem Pendukung keputusan dengan pemetaan untuk meningkatkan ekonomi berbasis industri kecil” yang dapat bekerja sebagai sistem pendukung keputusan menggunakan metode AHP untuk menentukan lokasi industri dan imlementasi berupa peta lokasi industri kecil. Informasi sumber daya alam, sumber daya manusia, transportrasi, dan pemasaran untuk mendukung keputusan disimpan dalam database.  Hasil uji coba menunjukan bahwa aplikasi ini layak dan dapat digunakan.

Kata kunci :Sistem Pendukung Keputusan , Pemetaan, Industri Kecil.

Full Text:

PDF

References


Pengembangan Wilayah Kabupaten Wonogiri http://www.litbang.wonogirikab.go.id/?p=berita [ akses juni 2010 ]

Faktor Pendukung keputusan Sebagai Kreteria. www.scribd.com › School Work › Essays & Theses [ akses juni 2010]

Pengelompokan Jenis Industri .http://organisasi.org/pengertian_definisi_macam_jenis_dan_penggolongan_industri_di_indonesia_perekonomian_bisnis. [Akses Juni 2010].

Keen Dan Scot Morton 2008, Pengertian Sistem Pendukung Keputusan. http://id.wikipedia.org/wiki/Sistem_pendukung_keputusan [Akses Juni 2010].

Penentuan Lokasi Pembukaan Cabang Baru LBB dengan Metode AHP - GIS Devy Trisnawati Putri, Arna Fariza S.Kom M.Kom, Afrida Helen ST M.kom Politeknik Elektronika Negeri Surabaya -Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

http://jurnal.its.ac.id/index.php/JT/article/-n [Akses Juni 2010].

Penggunaan Metode AHP. Jurnal Unikom. http://elib.unikom.ac.id/download.php?id=16034 [akses juni 2010]




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2617

Article Metrics

Abstract view : 178 times
PDF - 191 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal