SISTEM PENENTUAN KETERKAITAN ANTAR SKRIPSI BERSADARKAN KEYWORD SEEKING

Mulyadin Mulyadin, Eko Aribowo

Abstract


Perkembangan informasi yang semakin berkualitas menuntut kemudahan dalam melakukan aktifitasnya, salah satunya implementasi sistem adalah dengan menentukan keterkaitan antar skripsi dengan menggunakan sistem. Perpustakaan Univesitas Ahmad Dahlan (UAD) merupakan tempat penyimpanan skripsi untuk menunjang kegiatan belajar mahasiswa setiap hari. Perpustakaan Univesitas Ahmad Dahlan (UAD) belum ada sistem yang dapat menentukan keterkaitan atau hubungan antar skripsi yang satu dengan yang lain dan tidak ada pula sistem yang dapat mengkomparasikan kesimpulan dan saran skripsi tersebut. Dengan tidak adanya sistem tersebut mahasiswa merasa kesulitan dalam mencari dan mengetahui keterkaitan atau hubungan antar skripsi tersebut. Dengan itu pada perpustakaan Universitas Ahmad Dahlan (UAD) harus adanya sistem yang dapat menetukan keterkaitan antar skripsi sehingga mahasiswa dengan mudah mencari keterkaitan antar skripsi tersebut, karena tidak adanya sistem yang menetukan keterkaitan antar skripsi pada perpustakaan tersebut, mahasiswa masih melakukan dengan cara membuka atau membaca satu persatu skripsi yang ada untuk dilihat keterkaitan atau hubungannya dan membutuhkan waktu yang lama untuk dapat melihat keterkaitan atau hubungan antar skripsi tersebut. Sehingga berdampak pada mahasiswa yang masih banyak tidak mengetahui keterkaitan atau hubungan antar skripsi tersebut.

Subyek penelitian ini adalah membuat sistem penentuan keterkaitan antar skripsi dengan menggunakan perangkat lunak yaitu : Macromedia Dreamweaver 8, XAMPP (Apache Web Server, MySQL,PHP),Mozilla Firefox dan untuk analisis digunakan Power Designer serta Microsoft Visio. Metode pengumpulan data dilakukan dengan Metode Literatur, Metode Wawancara, Metode Observasi dan Metode Quisioner. Setelah data dikumpul dilakukan Analisis Kebutuhan Sistem, Perancangan sistem yang meliputi Perancangan Proses Bisnis, Perancangan Data Flow Diagram(DFD), Perancangan Basis Data, Perancangan Algoritma, Perancangan Flowchart, Perancangan Struktur Menu dan Perancangan Halaman Website, setelah aplikasi dihasilkan maka dilakukan uji program dengan Black Box Test dan Alpha Test.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah sistem tentang “Sistem penentuan keterkaitan antar skripsi menggunakan Metode Retrieval Information System†yang dapat menetukan keterkaitan antar skripsi yang satu dengan skripsi lainnya. Informasi yang dihasilkan dari sistem ini adalah menampilkan isi abstrak, kesimpulan, saran dan keterkaitan skripsi. Hasil uji coba menunjukan bahwa sistem ini layak dan dapat digunakan. 

Kata kunci: sistem penentuan keterkaitan, keyword seeking, keterkaitan.


Full Text:

PDF

References


Lancaster, F.W. Information Retrieval Systems: Characteristics, Testing, and Evaluation, 2 nd Edition, John Wiley, New York, 1979.

Tague-Sutclife, J.M., “Some Perspective on the Evaluation of Information Retrieval Systemâ€, Journal of the American Society for Information Science, 47(1), 1996 : 1-3.

Belkin, N.J. “Anomalous State of Knowledge as a Basis for Information Retrievalâ€, Canadian Journal of Information Sciences, 5, 1980, 133-143.

Fathansyah, Ir. 2002. Buku Teks Ilmu Komputer Basis Data.Bandung:Informatika.

Simarmata, Janner dan Iman Paryudi, 2006. Basis Data. Yogyakarta:Penerbit Andi.

Budiharto, Widodo, S.Si. 2002. Aplikasi Database Dengan SQL Server 2000 & Visual Basic 6. Jakarta:Elex Media Komputindo.

Indra, Handono dan Rachmat J. Ade. 2000. 36 Jam Belajar Komputer Visio for Windows 95. Jakarta:Elex Media Komputindo.

Nugroho, Bunafit. 2004, PHP&MySQL dengan Editor Dreamweaver MX, Andi Offset, Yogyakarta.

Prasetyo, 2002, Belajar Sendiri Administrasi Database Server MySQL, Elexmedia Komputindo, Jakarta.

http://blog.umy.ac.id/tutorialblogging/2010/11/30/pengertian-keyword/

http://mesin-penelusur.blogspot.com/2010/01/definisi-keyword.html

http://www.palapastudio.com/artikel.html/Penggunaan-Keyword-yang-tepat-dalam pembangunan-sebuah-Website

http://www.webarq.com/id/optimasi-keyword.html

http://carapada.blogspot.com/2011/10/pengertian-kata-kunci-dalam optimasi.html

Sumardi, 2007, Sistem Informasi Perpustakaan berbasis WEB dengan PHP dan MySQL Universitas Ahmad Dahlan, Skripsi: Yogyakarta.

Wibowo, Eri Prasetiyo, 2007, Sistem Informasi Perpustakaan berbasis Client/Server†pada perpustakaan Daerah Majelangka Universitas Ahmad Dahlan, Skripsi : Yogyakarta




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2616

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mulyadin Mulyadin, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.