ALAT BANTU AJAR MATA KULIAH FUZZY LOGIC PADA POKOK BAHASAN METODE SUGENO BERBASIS MULTIMEDIA

Mukhlis Mukhtar, Ardi Pujiyanta

Abstract


Metode Sugeno merupakan salah satu metode dari logika samar, Output (konsekuen) pada penalaran berupa konstanta atau persamaan linear. Dari hasil nilai mid semester pada mata kuliah Fuzzy Logic terdapat 58% dari 79 mahasiswa mendapatkan nilai kurang baik yaitu < 60 pada mata kuliah Fuzzy Logic. Dari hasil koesioner yang  disebarkan terdapat 86% dari 30 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Fuzzy Logic khususnya materi metode sugeno tidak paham materi perkuliahan , sehingga metode sugeno perlu dipelajari dan dibuat semenarik mungkin sehingga merangsang mahasiswa untuk melakukan penjelajahan informasi sesuai kemampuannya dan melakukan proses belajar mandiri. Penelitian ini bertujuan untuk membantu mahasiswa memahami materi metode sugeno dan penyelesaian studi kasus pada model metode sugeno.

Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Fuzzy Logic untuk materi metode sugeno. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, metode wawancara, metode observasi dan metode kuesioner. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup mendefinisikan masalah, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, uji sistem dengan black box dan alpha test.

Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media Pembelajaran metode sugeno. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat  membantu kesulitan mahasiswa dalam penyelesaian metode sugeno dan dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran Fuzzy Logic untuk materi metode sugeno.

Kata Kunci : Metode Sugeno, Media Pembelajaran, Fuzzy Logic


Full Text:

PDF

References


Eko Putranto, Dhimas Bagus, 2007, Pembelajaran Logika Matematika Pada Pokok Bahasan Logika Algoritma Berbasis Multimedia, Teknik Informatika Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta

Fanani A. Zainul & Diginnovac, 2007, Bermain Logika Actionscript Macromedia Flas pro 8, penerbit PT Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

Jamaludin Malik Jaja, 2010, mudah belajar membuat aplikasi pembrograman Delphi 2010, Penerbit ANDI, Yogyakarta

Kurniawan, Y. 2006. Belajar Sendiri: Macromedia Flash 8. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Kusumadewi sri & Purnomo, 2010, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan Edisi 2, GRAHA ILMU, Yogyakarta.

MACOMS, Madiun. 2008, Adobe Flash CS3 Profesional, Andi, Yogyakarta.

Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006.Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengaja. Bumi Aksara. Jakarta.

Pujianta ardi, 2010, Teori Dan Aplikasi Fuzzy Logic, Penerbit & Percetakan Ardana Media, Yogyakarta.

Rahmat, Hakim. S. 2006. Tips dan Triks Adobe Photoshop CS. PT. Elex Media Komputindo. Jakarta.

Santosa, P. Insap. 1997.Interaksi Manusia Dan Komputer Teori dan Praktek. Andi. Yogyakarta.

Sulistyorini, Farida, S.T. dan Winiarti, Sri, S.T. 2009.Diktat Interaksi Manusia Komputer. Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

Suyanto, M. 2003.Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Andi. Yogyakarta.

Syafrudin, Buddin . 2011. media pembelajaran Fuzzy Logic untuk metode tzukamoto berbasis multimedia. Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta

Tay, Vaughan. 2006. Multimedia Making It Work Edisi 6. Andi. Yogyakarta.

Uji dewi, Septi. 2010. aplikasi bantu pembelajaran penyelesaian sistem persamaan linear mengunakan metode gauss, gauss jordan dan aturan cramer pada matakuliah aljabar linear dan matriks, penelitian membuat sistem pembelajaran mata kuliah aljabar linear dan matriks berbasis multimmedia.. Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan. Yogyakarta.

http://dc368.4shared.com/doc/N4rLkyR6/preview.html diunduh 27 Maret 2011.

http://cs.upi.edu/v2/uploads/paper_skripsi_dik/Paper_ahmad_wisnu.pdf diunduh 27 Maret 2011.

http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/18/konsep-belajar-dan-pembelajaran/ diunduh 24 maret 2011

http://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Photoshop diunduh 2 Oktober 2011

http://gifalytwinsa.wordpress.com/2010/01/07/model-pembelajaran-cai-dan-penerapannya-di-sd diunduh 27 Maret 2011

www.learningmath.co.nr diunduh pada tanggal 14 Juni 2011

http://wikipedia//audacity/Audacity.htm diunduh 2 oktober 2011

http://usuryana.wordpress.com/page/3/ diunduh 25 desember 2011

http://grafmedia.wordpress.com/2009/09/21/multimedia/




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2615

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Mukhlis Mukhtar, Ardi Pujiyanta

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.