PENERAPAN DATA MINING UNTUK KLASIFIKASI PREDIKSI PENYAKIT ISPA (Infeksi Saluran Pernapasan Akut) DENGAN ALGORITMA DECISION TREE (ID3)

Aline Embun Pramadhani, Tedy Setiadi

Abstract


Pengolahan data yang disimpan tidak hanya bisa disimpan saja, tetapi bisa dijadikan suatu representasi pengetahuan dikemudian hari. Data pasien yang terkena Ispa digunakan untuk merepresentasikan pengetahuan dari gejala penyakit ispa sebelumnya, yang mana diderita oleh pasien di klinik pengobatan Dharma Husada. Dengan demikian, perlu adanya suatu klasifikasi penyakit yang paling banyak diderita pasien di klinik Dharma Husada.

Klasifikasi pada penelitian ini bertujuan untuk membentuk suatu model pohon keputusan untuk memprediksi penyakit pasien dan melihat variable yang paling mempengaruhi penyakit pasien dengan kategori ispa. Obyek penelitian ini adalah hasil data pasien, status imunisasi, jenis kelamin, usia dan kriteria gizi pada tahun 2012 yaitu sebanyak 200 pasien terkena ispa. Data yang digunakan adalah data pemeriksaan pasien oleh dokter untuk kemudian dapat dinyatakan terkena penyakit ispa.

Variable bebas atau variable input (predictor) pada penelitian ini adalah pemeriksaan awal pasien yaitu meliputi kategori status imuniasasi, jenis kelamin, usia dan kriteria gizi. Sedangkan kondisi pasien yang diprediksi yaitu terkena ispa atau tidak merupakan output (variable tidak bebas). Tools yang digunakan untuk membuat aplikasi penerapan data mining adalah dengan VB.Net dengan pengolahan database SQL server. Pengujian terhadap pembentukan pohon keputusan menggunakan uji Chi Square untuk mengetahui nilai hipotesis hitung yang dibandingkan dengan tabel chi square. Dari pohon keputusan yang terbentuk dari 200 data pasien maka dapat diketahui bahwa jenis kelamin tidak berpengaruh terhadap penyakit ispa.

Kata kunci : Pohon Keputusan, Decision Tree, Chi Square, Penyakit Ispa.


Full Text:

PDF

References


Wahyudin.2009.Metode Iterative Dichotomizer 3 (ID3) Untuk Penyeleksian Penerimaan Mahasiswa Baru. Program Pendidikan Ilmu Komputer. Universitas Pendidikan Indonesia.

Prawitasari Anita. Klasifikasi Prediksi Penyakit DBD dan Tipes dengan Algoritma Decision Tree. 2011. Jurusan system informasi. Universitas Gunadharma.

Berry, Michael J.A. dan Gordon S. Linoff. 2004. Data mining techniques for marketing, sales, customer relationship management. Second edition. Wiley publishing,Inc.

Kusrini dan Emha Taufiq Lutfi.2009. Algorima Data Mining. Yogyakarta; Andi Offset.

Gambbeta, Windy. 2012. Pohon Keputusan (Decision Tree). Departemen Teknik Informatika. Institute Teknologi Bandung. Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2613

Article Metrics

Abstract view : 1463 times
PDF - 1873 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal