SISTEM BROADCAST PROSES BELAJAR MENGAJAR dengan SYNCHRONOUS dan ASYNCHRONOUS

Arif Budiyanto, Wahyu Pujiyono

Abstract


Proses belajar mengajar di lingkungan akademik dengan fasilitas yang baik sangat menentukan hasil dan kualitas pembelajaran. Seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan profesi, maka keinginan masyarakat untuk mengikuti pendidikan juga meningkat. Peningkatan permintaan layanan pendidikan akan berpengaruh terhadap ketersediaan tempat dan fasilitas pendidikan. Banyaknya peserta didik harus diimbangi dengan fasilitas yang memadai. Proses pembelajaran berbasis e-learning menjadi pilihan untuk mengatasi keterbatasan fasilitas pendidikan. Proses pembelajaran dengan ­e-learning tidak kalah efektif jika dibandingkan dengan pembelajaran di ruang kelas karena dalam pembelajaran e-learning antara pengajar dan peserta didik dapat berinteraksi secara langsung dengan fitur video/audio conference maupun pesan langsung.

Dalam proses belajar mengajar lebih ditekankan kepada presentasi dari pengajar kepada peserta didik, sehingga fitur video pada proses belajar mengajar kurang begitu digunakan. Video conference juga memerlukan koneksi internet dengan bandwidth yang besar sehingga diperlukan teknik lain untuk menggantikan fitur video conference ini. Pembangunan fitur audio broadcast dengan disinkronisasikan dengan slide presentasi menjadi solusi pembelajaran e-learning untuk menekan penggunaan kebutuhan bandwidth.

Penelitian dimulai dengan mengumpulkan referensi yang berkaitan dan mendukung dalam pengembangan sistem pembelajaran, baik kajian terdahulu maupun sistem yang sudah ada. Tahap analisis dilakukan untuk menetukan spesifikasi sistem sesuai kebutuhan meliputi kebutuhan sistem serta kebutuhan software dan hardware. Perancangan sistem mengunakan UML untuk menggambarkan kebutuhan, alur sistem dan perancangan database. Sistem diimplementasikan dengan bahasa pemrograman PHP dengan CodeIgniter, html, javascript, mysql dan software aplikasi untuk kebutuhan audio yaitu icecast, butt, radio master. Sistem diuji dengan 2 metode pengujian yaitu Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil penelitian adalah sebuah sistem proses belajar mengajar dengan fitur audio broadcasting dengan sinkronisasi slide presentasi berbasis web. Sistem dijalankan menggunakan brower dengan dukungan teknologi html 5.

Kata Kunci: pembelajaran, e-learning, video/audio conference, audio broadcasting

Full Text:

PDF

References


Pujiyono, Wahyu. 2012. Integrasi Sistem Pembelajaran Mobile Learning dan E-Learning Beserta Sarana Komunikasi dan Sistem Evaluasinya. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.

http://karnalynx.com/webinar 9 Maret 2012.

Deni Sekundianto, Andreas .2007. Implementasi internet broadcast untuk radio kampus berbasis web.Skripsi S-1. Yogyakarta: Universitas Kristen Duta Wacana.

http://www.slideshare.net 12 Juli 2012.

http://www.w3schools.com/html/html5_intro.aspw3schols 27 September 2012.

Hakim, Lukmanul.2011.Trik dasyat manguasal ajax dengan jquery. Yogyakarta:Loko media.

Wardana.2010.Menjadi Master PHP dengan Framework Codeigniter. Jakarta:Alex Media Komputindo.

http://www.icecast.org/docs/ices-2.0.2/intro.html 14 Oktober 2012

Munawar.2005.Pemodelan Visual dengan UML. Jakarta: Graha Ilmu.

http://www.bunghatta.ac.id/artikel/259/pentingnya-pendidikan-bagi-semua-orang.html 11 Januari 2013

Permana, Jaka. 2009. E-learning:Alternatif Proses Belajar Mengajar Mahasiswa yang Efisien. Profitabilitas: Jurnal Ilmiah Pend. Ekonomi Akuntasi:Vol.III No.1.

Primadasa, Bagus. 2011.Kompresi Video Conference dengan Standar H-263 dan H-261. Skripsi S-1. Universitas Udayana.

Arief, M., Rudyanto.2011. Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL.Yogyakarta: Andi.

Negas, Solomon dkk. 2008. Handbook of Distance Learning for Real_time and Asynchronous Information Technologi Education. USA: Information Science Reference.

http://moodle.org 18 Januari 2013.

Holim. 2007. Peran Pendidik dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2605

Article Metrics

Abstract view : 263 times
PDF - 163 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal