PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SISTEM PELACAKAN PADA MATA KULIAH KECERDASAN BUATAN BERBASIS MULTIMEDIA

Dedi Nugraha, Sri Winiarti

Abstract


Pembelajaran Kecerdasan Buatan pada materi Sistem Pelacakan bagi sebagian mahasiswa sangatlah susah dipahami. Berdasarkan data yang diperoleh dari 30 mahasiswa yang sedang dan yang pernah mengambil mata kuliah kecerdasan buatan, terlihat bahwa  jumlah presentase mahasiswa yang tidak memahami materi Sistem Pelacakan lebih banyak dari pada mahasiswa yang paham akan materi Sistem Pelacakan.  Jumlah mahasiswa yang membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran lebih banyak dari pada jumlah mahasiswa yang tidak membutuhkan. Untuk itu perlu dibangun aplikasi pembelajaran Kecerdasan Buatan khususnya pada materi Sistem Pelacakan agar dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana belajar dan mempermudah dosen dalam menyampaikan materi.

Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Kecerdasan Buatan pada materi Sistem Pelacakan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, metode observasi, dan metode wawancara. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah yang diperoleh, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, design document dan diagram navigasi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test.

Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Kecerdasan Buatan pada materi Sistem Pelacakan bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan yang berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat  membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat  bantu dosen untuk menunjang pembelajaran Kecerdasan Buatan.

 

Kata Kunci : Kecerdasan Buatan, Sistem Pelacakan, Pembelajaran, Multimedia.

Full Text:

PDF

References


Kariadinata, Rahayu. 2010. Pembelajaran Berbasis Multimedia, Jurnal Pendidikan dan Budaya. Bandung : Universitas Islam Negeri (UIN).

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Kristanto, Andri. 2004. Kecerdasan buatan. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Nasution, S. 2006. Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Santosa, P. Insap. 2004. Interaksi Manusia dan Komputer; Teori dan Prakteknya. Yogyakarta : Penerbit Andi Offset.

Saputro, Feryanto Hadi. 2010. Perancangan dan Pembuatan Perangkat Lunak Bantu Penyelesaian Masalah State And Space. Yogyakarta: Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan.

Satria, Wantah. 2011. Pembuatan Media Pembelajaran Untuk Proses Konversi Pada Finate Automata Berbasis Multimedia. Yogyakarta: Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan.

Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.

Tarmuji, Ali. 2005. Diktat Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

http://usmanrizal.blogspot.com/2008/10/quantum-learning.html, Dr. Vernon A. Magnesen. 1983. Tentang Teknik Belajar. 27 November 2011

http://ginigitu.wordpress.com/2009/04/21/multimedia-sebagai-media-pembelajaran-interaktif/#comments, diunduh 27 November 2011.

http://elearning.uad.ac.id/course/view.php?id=577. Satuan mata kuliah (SAP) Kecerdasan Buatan. Diunduh 26 November 2011.

http://elearning.uad.ac.id/course/view.php?id=577. Temu 2: Pencarian Ruang Keadaan. Diunduh 26 November 2011

http://www.scribd.com/doc/71518306/Revolusi-Pembelajaran-Berbasis-ICT, diunduh 27 November 2011.

http://usuryana.wordpress.com/page/3/ diunduh 25 desember 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2604

Article Metrics

Abstract view : 1379 times
PDF - 3384 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal