SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PEMETAAN POTENSI SMA/SMK BERBASIS WEB (Studi Kasus : Kabupaten Kebumen)

Erna Kharistiani, Eko Aribowo

Abstract


Dinas Pendidikan kabupaten Kebumen saat ini menangani banyak sekolah, akan tetapi pengelolaan sekolah belum dapat dilakukan secara optimal sehingga hal ini dapat mengakibatkan permasalahan pengelolaan pendidikan. Dinas Pendidikan kabupaten Kebumen telah memiliki website sebagai media informasi yang mampu diakses secara global, namun informasi – informasi yang ditampilkan dalam website tersebut bersifat umum, belum mempu menggambarkan secara detail mengenai keaadan suatu SMA/SMK.  Untuk itu diperlukan suatu rencana strategis, melalui perencanaan strategis inilah Dinas Pendidikan kabupaten Kebumen secara sistematis dapat mengembangkan suatu sistem manajerial yang efektif dan efisien, yaitu dengan Sistem Informasi Geografis Pemetaan Potensi SMA/SMK berbasis web. Dengan adanya dukungan teknologi SIG yang berbasis web, diharapkan pengguna dapat mengakses melalui media internet, sehingga pendistribusian informasi dapat meluas hingga seluruh nusantara.

Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, studi literatur, dan wawancara. Setelah data dikumpul dilakukan analisis kebutuhan sistem dan perancangan sistem yang meliputi perancangan proses, perancangan database, perancangan struktur menu dan perancangan   interface. Selanjutnya implementasi sistem dengan memanfaatkan Google Map Service dan bahasa pemrograman PHP bebasis Framework Codeigniter. setelah aplikasi dihasilkan maka dilakukan uji program dengan Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi Sistem Informasi Geografis Pemetaan Potensi SMA/SMK Berbasis Web di kabupaten Kebumen yang dapat memberikan informasi tentang SMA/SMK. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem informasi ini layak dan dapat dipergunakan.

Kata kunci : SIG, SMA/SMK Kebumen, Google Map, Framework Codeigniter

Full Text:

PDF

References


http://www.kebumenkab.go.id/index.php?module=htmlpages&func=display& pid=38

Jogiyanto, 2005, Pengenalan Komputer, Andi, Yogyakarta.

Prahasta, Eddy, 2002, Konsep-Konsep dasar Sistem Informasi Geografis, Informatika, Bandung.

Rajak, Siska, 2010, Sistem Informasi Geografis Fasilitas Pendidikan Kota Ternate Berbasis Web, Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan.

Samino, 2006, Sistem Informasi Geografis Sekolah Menengah Atas (SMA/SMK) di Yogyakarta, Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan.

Sirenden, Bernadus Herdi dan Ester Laekha Dachi, Buat Sendiri Aplikasi Petamu Menggunakan Codeigniter dan Google Maps API, Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2600

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Erna Kharistiani, Eko Aribowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.