MEDIA PEMBELAJARAN MATERI KURVA PADA MATA KULIAH GRAFIKA KOMPUTER BERBASIS MULTIMEDIA

Agus Arif Setiyawan, Ardi Pujiyanta

Abstract


Pembelajaran Grafika Komputer pada materi Kurva bagi sebagian mahasiswa dirasa sulit untuk dipahami. Prestasi belajar mahasiswa sering diindikasikan dengan permasalahan belajar dalam memahami materi. Kegiatan belajar di dalam kelas dengan lisan, tulisan bahkan slide powerpoint dapat menyebabkan pembelajaran menjadi kurang menarik dan cenderung membosankan. Grafika Komputer pada materi Kurva dirasa sulit oleh mahasiswa terutama pada langkah-langkah penyelesain perhitungan dan penggambaran bentuk kurva. Jumlah mahasiswa yang membutuhkan alat bantu berupa media pembelajaran lebih banyak dari pada jumlah mahasiswa yang tidak membutuhkan. Untuk itu perlu dibangun aplikasi pembelajaran Grafika Komputer khususnya pada materi Kurva agar dapat digunakan mahasiswa sebagai sarana belajar dan mempermudah dosen dalam menyampaikan materi.

Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Grafika Komputer pada materi Kurva. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode studi pustaka, metode interview dan metode kuisioner. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah yang diperoleh, analisis kebutuhan, merancang konsep, merancang isi, design document dan diagram navigasi, merancang naskah, merancang grafis, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test.

Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran Grafika Komputer pada materi Kurva bagi mahasiswa Program Studi Teknik Informatika di Universitas Ahmad Dahlan yang berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat  membantu proses pembelajaran pada mahasiswa untuk memahami materi dan dapat digunakan sebagai alat  bantu dosen untuk menunjang pembelajaran Grafika Komputer.

Kata Kunci : Grafika Komputer, Kurva, Pembelajaran, Multimedia.

Full Text:

PDF

References


Daryanto, Tri, 2005, Sistem Multimedia Dan Aplikasinya, Graha ilmu, Yogyakarta

Jibril, Aaron, 2010, Jurus Kilat Jago Flash, Dunia Komputer, Jawa Barat

Maryono, 2012, Pengembangan Alat Bantu Pembelajaran Materi Kurva Pada Matakuliah Grafika Komputer Berbasis Multimedia,Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta

http://belangtelon.blogspot.com/2011_01_01_archive.html

Sutopo, Ariesto Hadi,2002, Pengantar Grafika Komputer, Gava Media, Yogyakarta

Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatakn Keunggulan Bersaing, Andi, Yogyakarta

Solin, Jamardi, 2010, Penggambaran Permukaan Bezier Menggunakan Algoritma Bezier, Skripsi S-1, Universitas Sumatra Utara, Medan

http://danangjunaedi.wordpress.com/category/perkuliahan/grafika-komputer/

http://202.159.8.146/server/media.php?module=detailskripsi&id=2124

http://belangtelon.blogspot.com/2011/01/metode-spline-untuk-menggambar.html

http://duniaenha.blogspot.com/2010/06/makalah-grafika-komputer.html




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2599

Article Metrics

Abstract view : 223 times
PDF - 1654 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal