SISTEM PAKAR MENDIAGNOSA JENIS PENYAKIT STROKE MENGGUNAKAN METODE CERTAINTY FACTOR

Poni Wijayanti, Abdul Fadlil

Abstract


Penyakit  Stroke adalah serangan otak yang timbul secara mendadak dimana terjadi gangguan fungsi otak sebagian atau menyeluruh sebagai akibat dari gangguan aliran darah oleh karena sumbatan atau pecahnya pembuluh darah tertentu di otak, sehingga menyebabkan sel-sel otak kekurangan darah, oksigen atau zat-zat makanan dan akhirnya dapat terjadi kematian sel-sel tersebut dalam waktu relatif singkat. Gaya hidup yang dimaksud yaitu perubahan pola makan yang tadinya mengonsumsi menu rumahan yang tradisional menjadi mengkonsumsi junk food atau makanan cepat saji yang serba cepat, kaya lemak, dan enak. Serta perubahan pola hidup yang tadinya santai dan tenang menjadi serba tergesa-gesa, tidak sempat sarapan bahkan makan siang, tidak sempat bersosialisasi dan berolahraga.

Metode yang digunakan adalah metode Certainty Factor (CF) atau nilai kepastian suatu penyakit. Tujuan penelitian ini adalah membuat perangkat lunak sistem pakar yang diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mendiagnosis jenis penyakit stroke. Pengembangan perangkat lunak sistem pakar ini meliputi, analisis kebutuhan perangkat lunak yang terdiri dari analisis kebutuhan user, analisis kebutuhan sistem dan perancangan rekayasa pengetahuan dimana dalam pembuatan rekayasa perangkat lunak ini data yang terkumpul direpresentasikan sebagai basis pengetahuan, keputusan,  basis aturan dan perancangan mesin inferensi.. Selanjutnya perancangan sistem, yang merancang pembuatan pemodelan proses yang terdiri dari konteks diagram dan Data Flow Diagram (DFD), pemodelan data yang terdiri dari perancangan Entity Relationship Diagram (ERD), Mapping Table dan perancangan tabel. Pengembangan proses selanjutnya adalah implementasi menggunakan Visual Basic 6.0 dan tahap akhir pengembangan sistem yaitu pengujian dengan Black Box Test dan Alfa Test.

Hasil penelitian berupa program aplikasi sistem pakar yang mampu  mendiagnosa sebanyak 6 Penyakit Stroke . Keluaran sistem berupa hasil diagnosa penyakit yang dilengkapi nilai MB, nilai MD dan nilai CF yang diperoleh dengan perhitungan menggunakan metode Certainty Factor, penyebab dan solusi.

Kata kunci :  Jenis Penyakit Stroke, Sistem Pakar, Certainty Factor

Full Text:

PDF

References


Fathansyah. 2002. Basis Data Cetakan Keempat.Bandung:Penerbit Informatika.

Gunawan. 2000. Kuliah Artificial Intelligence Pengantar ke Expert System. Surabaya

Hartati, sri & Iswanti, sari. 2008. Sistem pakar dan Pengembangannya. Yogyakarta:Graha Ilmu.

Kusumadewi, Sri. 2003. Artificial Intelligence (Teknik & Aplikasi). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Mutaqien, Kholiq A,D. 2011. Sistem Pakar Untuk Mendiagnosa Penyakit Dalam Dengan Obat Herbal Pada Klinik Sidi Aritjahja (Skripsi S-1). Yogyakarta : Unersitas Ahmad Dahlan.

Suyanto. 2007. Artificial Intelligence. Bandung : Penerbit Informatika.

Summerville, AN. 2003.Rekayasa Perangkat Lunak jilid 1. Jakarta : Erlangga.

Waluyo, Srikandi. 2009. 100 Questions & Answers Stroke. Jakarta : Elex Media Komputindo

Wirabuana, Sukma,Yoga. 2011. Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Sistem Saraf pusat manusia (Skripsi S-1). Yogyakarta : Unersitas Ahmad Dahlan.

http://www.yastroki.or.id/read.php?id=340 (penulis : YASTROKI diakses jam 22:11 tanggal 20-11-2011).

. http://medicastore.com/brown_seaweed/gejala_sebab_stroke.htm (penulis : Medica Store diakses tanggal 27 november 2011 jam 21.30)

. http://www.strokebethesda.com/index2.php?option=com_content&do_pdf=1id=233 (penulis : RS Bethesda diakses tanggal 26 november 2011 jam 20.00)

. http://kosmo.vivanews.com/news/read/259794-menkes--stroke-tidak-kenal-umur (penulis : Denny Armandhanu, Sukirno diakses jam23.00 tanggal 20 november 2011)

http://xamthone-plus.com/gejala-stroke (penulis : kris diakses jam 0.08 tanggal 11 januari 2012)




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v2i1.2593

Article Metrics

Abstract view : 1598 times
PDF - 1253 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal