Implementasi Media Pembelajaran Transformasi Wavelet Pada Matakuliah Pengolahan Citra Berbasis Multimedia

Caswito Caswito, Murinto Murinto

Abstract


Pembelajaran pengolahan citra tentang transformasi wavelet bagi sebagian mahasiswa sangatlah susah dipahami apalagi pada kegiatan belajar mengajar

karena konsep pada transformasi wavelet yang bersifat abstrak dan matematis, dan penyampean meteri selama ini belum menggunakan alat bantu media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan mahasiswa dapat lebih aktif dalam kegiatan belajar mengajar khususnya mengenai materi transformasi wavelet.

Subjek penelitian adalah sebuah aplikasi paket belajar transformasi wavelet pada mata kuliah pengolahan citra yang interaktif dengan menggunakan Macromedia Flash 8 yang dapat digunakan sebagai alat bantu dosen dalam melakukan proses pembelajaran. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode  Study literature, pengumpulan data dari internet/browsing, wawancara dan observasi. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup indentifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, merancang konsep, merancang isi, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box dan alpha test, dan tahap akhir adalah penggunaan sistem.

Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran pengolahan citra khususnya pada materi transformasi wavelet bagi mahasiswa jurusan teknuk informatika di Universitas Ahmad Dahlan yang telah diuji coba menggunakan black box test dan alpha test. Bedasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran pada mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran pengolahan citra di kelas.

Kata Kunci : pengolahan citra, transformasi wavelet, pembelajaran, multimedia


Full Text:

PDF

References


Andi, 2010, “Pengolahan citra digital”. Andi, Yogyakarta.

Suyanto, M. 2003. ”Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Alat Bersaing”. Andi, Yogyakarta.

Ika Arfiani, 2010, “Implementasi Multimedia sebagai alat Bantu pembelajaran Materi Geometri Pencitraan Pada Mata Kuliah Computer Vision”, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Sanjaya, Wina, 2008, “Perancangan dan Desain Sistem Pembelajaran”, Prenada Media Group, Jakarta.

Vaughan, Tay, 2006,“Multimedia: Making It Work”, Andi, Yogyakarta.

Santoso, Insap, 2004, “Interaksi Manusia dan Komputer : Teori dan Praktek”, Andi Offset, Yogyakarta.

Yudhintoro, Dhani, 2010, ”Membuat Animasi Web dengan Macromedia Flash Profesional 8”, Andi Offset,Yogyakarta.

Gonzales, rafael.C, “ Digital Image Processing”, University of tennesseeP




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2590

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF - 192 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal