ANALISIS ARSITEKTUR CLIENT SERVER MENGGUNAKAN DATABASE TERPUSAT (Studi Kasus pada SMP Muhammadiyah Purwodadi Purworejo)

Nuril Anwar, Imam Riadi

Abstract


Perkembangan dunia teknologi informasi dan komunikasi dengan jaringan komputer sangatlah cepat. Sekolah merupakan instansi yang turut serta akan perkembangan teknologi tersebut diantaranya berupa tuntutan pengguna terhadap layanan komunikasi baik internet, data serta informasi yang terbaru. Hal tersebut dapat dicapai dengan sistem jaringan yang tertata, namun permasalahan utama pada jaringan yang telah ada berupa pemanfaatan jaringan yang belum maksimal penggunaannya, maka diperlukan penelitian untuk mengetahui perbandingan antara jaringan sebelum dan jaringan setelah dioptimalisasi.

Subyek dalam penalitian ini adalah analisis arsitektur jaringan client server database terpusat terdapat berbagai macam tahap-tahap diantaranya adalah pengumpulan data meliputi studi literatur, observasi dan eksperimen. Sistem disusun dengan prosedur yang mencakup identifikasi masalah, analisis kebutuhan, merancang konsep, implementasi sistem selanjutnya ke tahap pengujian sistem untuk memperoleh hasil kelayakan sebuah arsitektur client server database terpusat.

Dari hasil penelitian dapat diketahui bahwa arsitektur client server menggunakan database terpusat dapat memaksimalkan penggunaan jaringan komputer di SMP Muhammadiyah Purwodadi, serta memudahkan penggelola jaringan dalam memantau terhadap aktifitas pengguna jaringan diinstansi sekolah tersebut.

Kata kunci : Analisis, Arsitektur, Jaringan Komputer, Client Server, Database.

Full Text:

PDF

References


Pagutomo (2007), “Membangun Sistem Informasi Perpustakaan Berbasis Client-Server di SMU Mumahhadiyah 1 Ponorogo”.

Sedi (2009), “Membangun Jaringan Client-Server di PT. Indonesia Communication”.

Sunyoto, A, (2006), “Membangun Aplikasi Client-Server dengan Distributed Component Object Model (DCOM)”

Wahyuwidodo, Tutur, 2009. Membangun Terminal Service Pada Jaringan Komputer Berbasis Windows Server 2003 Di SMK Negeri 1 Watulimo Kabupaten Trenggalek.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2589

Article Metrics

Abstract view : 453 times
PDF - 2007 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal