OPTIMALISASI PENYIMPANAN VIDEO MENGGUNAKAN VIDEOCACHE PADA PROXY SERVER (Studi Kasus pada Warnet Janturan.Net Yogyakarta)

Nunung Budi Listyawan, Imam Riadi

Abstract


Peningkatan akses Internet yang tidak selalu bisa dioptimalkan oleh pengguna internet. Masalah-masalah yang timbul sebagai efek dari peningkatan akses Internet antara lain adalah menambah beban web server apalagi kalau sudah menyangkut dengan video streaming pasti berat beban diserver. Padatnya lalu lintas jaringan untuk men-transfer data/berkas, dan lamanya waktu transfer sebagai akibat padatnya lalu lintas jaringan. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan proxy server videocache.

Subjek dalam penelitian ini adalah optimalisasi penyimpanan video menggunakan videocache pada proxy server squid dan videocache sebagai aplikasinya. Penelitian ini menggunakan metode observasi, metode wawancara. Aplikasi yang dibangun adalah proxy server menggunakan aplikasi squid yang mampu membantu meningkatkan kinerja jaringan pada salah satu warnet yang ada di yogyakarta yaitu Janturan.NET. Penyusunan meliputi dengan prosedur diantaranya indentifikasi masalah, analisis kebutuhan, perancangan jaringan, perancangan sistem, serta implementasi jaringan Proxy Server, sedangkan pengujian system dengan black box dan alpha test.

Hasil penelitian dapat bekerja dengan optimal pada Optimalisasi Penyimpanan video menggunakan videocache Pada Proxy Server. Sehingga para pelanggan warnet merasa tidak dirugikan. Aplikasi telah diuji menggunakan black box test yang berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi ini dapat diterapkan dilokasi penelitian.

Kata kunci : Proxy, Server, Squid, Streaming, Cache.

Full Text:

PDF

References


Nurwasito, H, 2006, “Analisa Algoritma Pergantian Cache Pada Proxy Server Dengan Simulasiâ€, Bandung, Skripsi.

Alfa Nur Aribawono, 2007, “Metode Implementasi Hierarcical Caching Proxyâ€. Bandung, Skripsi.

Dody Maryanto, “Optimalisasi Akses Internet dengan SQUIDâ€. Buku pintar internet Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nunung Budi Listyawan, Imam Riadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.