APLIKASI PENERJEMAH BAHASA INDONESIA-REJANG DAN SEBALIKNYA DENGAN KONVERSI TEKS TERJEMAHAN MENJADI SUARA (Studi Kasus SMP 1 Curup Tengah)

Bayu Irawan HP, Fiftin Noviyanto

Abstract


Bahasa Rejang adalah salah satu bahasa daerah yang terdapat di Provinsi Bengkulu yang merupakan warisan luhur budaya bangsa Indonesia yang harus dilestarikan. Bahasa Rejang kian tersisihkan dengan kurangnya pemakaian bahasa Rejang di kehidupan sehari-hari, pemakaian bahasa Rejang banyak didominasi oleh kalangan tua. Untuk melestarikan bahasa Rejang adalah mewajibkan pengajaran bahasa Rejang di SD dan SMP. Kesulitan untuk mempelajari bahasa Rejang belum adanya kamus berbasis komputer untuk bahasa Rejang, yang tersedia hanya kamus manual, kesulitannya dalam proses pencarian kata yang membutuhkan waktu yang lama, serta tidak adanya cara pelafalan kata dalam bahasa rejang tersebut. Maka dibangunlah sebuah kamus berbasis komputer berupa aplikasi penerjemahan Indonesia-Rejang dan sebaliknya yang dapat menerjemahkan kata, frase, kata berimbuhan dan kalimat serta cara pelafalannya untuk mempermudah masyarakat yang ingin mempelajari bahasa Rejang.

Subjek penelitian ini adalah “Aplikasi Penerjemah Bahasa Indonesia-Rejang dan Sebaliknya dengan Konversi Teks Terjemahan Menjadi Suaraâ€, menggunakan pemrograman Visual Basic 6.0 dan MS Access. Pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka dan metode wawancara. Analisa data dilakukan dengan perancangan diagram arus data, parser kamus, perancangan struktur tabel, sistem representasi pengetahuan, perancangan suara, dan perancangan user interface. Pengujian pada aplikasi ini menggunakan metode black box test dan alpha test.

Hasil  penelitian ini adalah “Aplikasi Penerjemah Bahasa Indonesia-Rejang dan Sebaliknya dengan Konversi Teks Terjemahan Menjadi Suara†yang dapat menerjemahkan kata, frase kata berimbuhan dan kalimat yang disertai dengan pelafalannya.

Kata kunci : Penerjemah, Bahasa Rejang, Bahasa Indonesia, Konversi Teks

Full Text:

PDF

References


http://id.wikipedia.org/wiki/Bahasa_Rejang.

Misri, Aries. 2011. Aplikasi penterjemah untuk bahasa Indonesia ke bahasa Cirebon dan sebaliknya. Yogyakarta: Skripsi Teknik Informatika UAD.

Rayana, Malopo Abdia. 2009. Algoritma pengubah dari teks ke suara untuk aplikasi alat bantu bicara. Surabaya: Proyek Akhir Teknik Elektronika Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

Arman, A, A. 2004. Teknologi Pemrosesan Bahasa Alami sebagai Teknologi Kunci untuk Meningkatkan Cara Interaksi antara Manusia dengan Mesin. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1985. Kamus Rejang-Indonesia. Jakarta: Pusat Pembinaan dan pengembangan Bahasa.

McGinn, Richard. Asal Bahasa Rejang. USA: Ohio University. http://oak.cats.ohiou.edu/~mcginn/Lingua_charis_SIL.pdf

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1988. Sistem Morfologi Verba Bahasa Rejang. Jakarta: Pustaka Widyatama.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2583

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Bayu Irawan HP, Fiftin Noviyanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.