Systematic Literature Review Efektifitas Penggunaan Microsoft Teams Terhadap Hasil Pembelajaran Daring

Apriadi Noor, Joy Nashar Utamajaya

Abstract


Selama kurun waktu 2 tahun terakhir COVID-19 telah mengubah kebiasaan manusia beradaptasi dengan kebiasaan baru yang lebih dikenal dengan istilah New Normal. Pemerintah mengamanatkan Pembatasan Sosial Berskala Besar agar seluruh guru bekerja dari rumah selama proses pembelajaran. Salah satu aplikasi yang bisa digunakan untuk pembelajaran daring adalah Microsoft Teams. Microsoft Teams memungkinkan guru dan siswa berinteraksi seperti bertatap muka. Tujuan penelitian ini adalah mengidentifikasi kefektifan Microsoft Teams dalam pembelajaran daring, dengan menggunakan data dari jurnal terkait dari tahun 2017 hingga 2020, seberapa baik Studi literatur digunakan sebagai metode penelitian ini. Hasil review didapatkan 12 artikel menyatakan Microsoft Teams efektif dalam pembelajaran daring, sementara 1 artikel yang menyatakan biasa saja. Dengan persentase sebesar 92% dari keseluruhan artikel yang dilakukan review, maka mayoritas menyatakan Microsoft Teams efektif dalam pembelajaran daring. Kendala yang terdapat pada Microsoft Teams mayoritas adalah kendala dari luar Aplikasi Microsoft Teams seperti infrastuktur teknologi dan jaringannya masih kurang memadai.


Keywords


Systematic Literature Review; Microsoft Teams; Efektifitas; Pembelajaran Daring

Full Text:

PDF

References


M. Agung Wirza, J. Sejarah, F. Ilmu Sosial, and U. Negeri Padang, “Penggunaan Microsoft Teams dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Sejarah di SMA Negeri 1 Bukittinggi,” 2021.

Silahuddin, “Penerapan E-LEARNING dalam Inovasi Pendidikan,” 2015.

E. Triandini et al., “Metode Systematic Literature Review untuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia.” [Online]. Available: https://www.google.com

N. Hamid Sutanto, E. Utami, and D. Makassar, “Systematic Literature Review untuk Identifikasi Metode Evaluasi Website Layanan Pendidikan di Indonesia,” Jurnal IT CIDA, vol. 7, no. 1, 2021.

A. Damayanti and D. Mulyadi, “Pengaruh Penggunaan Microsoft Teams dalam Mengikuti Pembelajaran Daring Bahasa Inggris Peminatan di SMA N 2 Semarang The Impact of Microsoft Teams in Participating Online English Learning of Specialization at SMA N 2 Semarang,” 2020. [Online]. Available: http://prosiding.unimus.ac.id

“NURLAILY FAUZIATUN_IMPLEMENTASI MICROSOFT TEAMS FOR EDUCATION DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DI SMP NEGERI 1 PURWOKERTO”.

H. E. Septiana, “Kebijakan Tentang Pembelajaran Online Pada Masa Pandemi di SMA N 1 Purworejo. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES,” 2020.

Ika Tyasing Kusumawati, “Penerapan Remote Learning dalam Pembelajaran IPS di Masa Pandemi,” 2020.

J. Soni, “Pelibatan Peserta Didik melalui Metode Tajak Sare dalam Pembelajaran Daring,” Sosial dan Kebudayaan, vol. 7, 2020, doi: 10.32505/tarbawi.v8i2.2188.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v11i1.25746

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Apriadi Noor

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.