SISTEM PAKAR DALAM MENENTUKAN JENIS PERAWATAN WAJAH (STUDI KASUS RUMAH SAKIT PKU MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA)

Dwi Oktavia Andriyanti, Sri Winiarti

Abstract


Banyaknya faktor yang dapat mengakibatkan kulit wajah menjadi bermasalah, membuat pusat perawatan wajah semakin banyak peminatnya. Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Yogyakarta memiliki pusat perawatan kulit, yang kebanyakan dari pasiennya datang untuk mengatasi masalah penyakit yang ada pada kulit wajah. Minimnya tenaga pelayanan medis tidak diimbangi dengan banyaknya pasien. Penanganan pasien pun menjadi tidak optimal. Sehingga muncullah ide untuk mengadopsi ilmu pakar kulit di Rumah Sakit PKU Muhammadiyah ke dalam sebuah aplikasi sistem pakar. Sistem pakar dibuat untuk membantu mengurangi masalah kekurangan tenaga medis, sehingga mempercepat proses perawatan wajah.

Subjek penelitian adalah aplikasi sistem pakar dalam menentukan solusi perawatan wajah. Metode penelusuran penyakitnya menggunakan Fordward Chaining dan metode kepastiannya menggunakan Certainty Factor. Langkah pengembangan aplikasi diawali dengan pengumpulan data, analisis data, deskripsi kebutuhan sistem, diagram alir data, Entity Relationship Diagram, Mapping Table, perancangan interface, dan pengkodean.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan sebuah perangkat lunak tentang â€Sistem Pakar dalam Menentukan Jenis Perawatan Wajah†yang dapat bekerja layaknya dokter yang ahli dalam menangani penyakit yang ada pada kulit wajah. Informasi yang dihasilkan dari sistem ini adalah nama penyakit, diagnosa, fakta-fakta yang menyertai, penyebab, pengobatan, solusi, serta besarnya nilai kepastian dari penyakit yang diderita.

Kata kunci : Sistem Pakar, Solusi Perawatan Wajah, Certainty Factor

Full Text:

PDF

References


Kusrini (2006). Sistem Pakar Teori dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi Offset

Kusumadewi, Sri (2003). Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya). Yogyakarta : Graha Ilmu.

Tarmuji, Ali (2007). Diktat Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan

Wijayanti, Picesca Ayu (2009). Sistem Pakar Untuk Menentukan Ramuan Herbal pada Penyakit Kulit Menggunakan Certainty Factor. Yogyakarta : Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2570

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dwi Oktavia Andriyanti, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.