SISTEM INFORMASI PENJUALAN ROTI PADA HOME INDUSTRI PITALOKA YOGYAKARTA

Tri Istikomah, Wahyu Pujiyono

Abstract


Untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, Home Industri dituntut selalu meningkatkan kwalitas pelayanan kepada pelanggan. Memanfaatkan jasa komputer merupakan salah satu pemecahan masalah di atas. Sebagaimana diketahui komputer merupakan benda yang multiguna sebagai alat bantu kerja manusia ataupun untuk penyajian informasi. Dengan komputer pengolahan data dapat dilakukan dengan lebih akurat dan dengan kesalahan yang dapat diminimalkan. Keputusan yang baik harus dilakukan oleh manajemen dan memerlukan dukungan informasi yang lengkap, andal, dan akurat. Untuk menyediakan informasi yang diperlukan itulah maka dibangun suatu sistem informasi yang bertugas untuk menyediakan segala macam informasi yang diperlukan oleh manajemen.

Tujuan penelitian ini adalah membuat sistem informasi penjualan roti pada home industri pitaloka yang menggunakan pemrograman bahasa C++ Builder yang dapat dimanfaatkan oleh pihak Pitaloka dalam melakukan perancangan stok roti serta penentuan untuk penjualan roti secara tunai sehingga informasi tentang penjualan dan retur roti dapat diperoleh yang dapat dilakukan melalui program C++ Builder sehingga dapat diakses secara luas.

Subjek penelitian ini adalah sistem penjualan roti pada home industri yang meliputi data roti, data pegawai, data pelanggan, transaksi penjualan roti, transaksi retur roti. Untuk pembuatan program sistem informasi penjualan barang ini pertama kali dilakukan pengumpulan data dengan metode observasi, interview, dan literatur. Kemudian menganalisis data selanjutnya melakukan perancangan sistem meliputi perancangan model, perancangan database, perancangan user interface, dan coding. Setelah program dihasilkan, dilakukan testing program dengan metode Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini sebagai aplikasi sistem informasi penjualan roti yang menghasilkan berupa laporan penjualan roti dan laporan retur penjualan roti pada home industri pitaloka yang dapat memberikan pelayanan, penyajian sistem stok roti dan program telah di uji coba dan dapat berjalan dengan baik.

Kata kunci : jual-retur, stok roti, C++ Builder dan MySQL 


Full Text:

PDF

References


Fathansyah, 2001, Basis Data, CV. Informatika, Bandung

Kadir, A., 2003, Pengantar Perkuliahan Basis Data, Yogyakarta, Penerbit

Andi Offset.

Sardi faisal, 2004, Implementas CMS Pada Aplikasi E-Commerce Untuk Sistem

Informasi Penjualan Produk Dengan Metode Iklan Baris Bergambar, skripsi S1,

Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Sinda yanola, 2008, Sistem Informasi Pembelian Dan Penjualan Computer

Dan Aksesoris Study Kusus Di Toko Citra Komputer, skripsi S1, Universitas

Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Sutanto, Andreas, Felix, 2006, Panduan Praktis Pemrograman Visual Berbasis

C++, Graha Ilmu. Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2562

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Tri Istikomah, Wahyu Pujiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.