Perancangan Model Tata Kelola Teknologi Informasi Berbasis Cobit 4.1 pada Proses Mengelola Sumber Daya Manusia IT (Studi Kasus Bagian Pengelolaan Data Kab, Kendal)

Rijal Khusni Wicaksono, Sri Handayaningsih

Abstract


Tugas pokok dari Kantor Bagian Pengelolaan Data adalah melaksanakan penyiapan bahan perumusan kebijakan, koordinasi, pembinaan, pengendalian kegiatan di bidang aplikasi dan telematika. Sumber Daya Manusia yang ada masih belum memiliki kemampuan yang sesuai dengan kompetensi dan latar belakang pendidikan yang diharapkan yang sesuai dengan jabatan dan tugasnya, maka dilakukan langkah-langkah perbaikan terhadap pengelolaan sumber daya manusia IT yang sesuai usulan dan rancangan solusi agar resiko yang ada dapat dicegah. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi pustaka, wawancara, observasi dan kuisioner. Kuisioner dikembangkan dari detail control objectif PO7 yang terdiri dari 8 detail control objectif. Berdasarkan hasil kuisoner tersebut dirancang usulan perbaikan bedasarkan tingkat kematangan yang diharapkan dan mendefinisikan rancangan model tata kelola IT pada proses mengelola sumber daya manusia TI (PO7).

Kata Kunci : Tata Kelola Teknologi Informasi, COBIT 4.1, Sumber Daya Manusia IT


Full Text:

PDF

References


IT Governance Institute , COBIT 4.1 Framework Control Objectives, Management Guidelines, Maturity Models , IT Governance Institute.

Jogiyanto, H.M, & Abdillah, Willy. 2011. Sistem Tata Kelola Teknologi Informasi. Yogyakarta : Penerbit Andi.

Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan e-Government (Inpres No. 3 Tahun 2003)

Satriya, Eddy. 2004. WSIS dan Pembangunan Telematika Nasional.

Sutedi, Iwan. 2009. Penyusunan Metodologi Pelaksanaan Tata Kelola Teknologi Informasi Untuk Pemerintahan. Tesis Magister Teknik Elektro STEI ITB. Bandung.

Al Arif, Mhd Salahuddin. 2011. Perancangan Model Tata Kelola Teknologi Informasi XYZ Indonesia Berbasis Cobit 4.1. Skripsi Teknik Informatika. UAD. Yogyakarta.

Lenggana, U. Tresna. 2007. Perancangan Model Tata Kelola Tejnologi Informasi Pada PT. Kereta Api Indonesia Berbasis Framework Cobit. Tesis Magister Informatika, STEI ITB. Bandung.

Anonim. 2003. Blue Book IT Human Resources Development. Bandung Hi-Tech Valley.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rijal Khusni Wicaksono, Sri Handayaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.