PEMBUATAN PERENCANAAN ARSITEKTUR ENTERPRISE PADA BADAN KERJASAMA DAN PENANAMAN MODAL PROVINSI DIY BERBASIS SOA (SERVICE ORIENTED ARCHITECTURE )

Nuryani Rahmawati, Sri Handayaningsih

Abstract


Badan Kerjasama dan Penanaman modal merupakan sebuah badan layanan penanaman modal Pemerintah Indonesia yang dibentuk dengan maksud untuk menerapkan secara efektif penegakan hukum terhadap penanaman modal asing maupun dalam negeri. BKPM mempunyai tugas melaksanakan penyusunan dan pelaksaan kebijakan daerah bidang kerjasama dan penanaman modal. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu Perencanaan Arsitektur Enterprise untuk mendukung BKPM dalam meningkatkan penerapan e-Government di Bidang perencanaan dan Promosi BKPM karena masih terbatas pada layanan pemberian informasi, Kebutuhan pengguna yang belum diperhatikan dalam pengadaan sistem informasi promosi investasi, belum adanya forum diskusi mengenai peluang investasi dan hasil pencarian peluang investasi belum lengkap, dengan mengacu pada tujuan bisnis dan proses bisnis serta teknologi yang ada di BKPM.

Penelitian dimulai dengan mengetahui ruang lingkup bidang perencanaan dan promosi BKPM Provinsi DIY,  pengumpulan data, menganalisis sesuai kebutuhan data, permasalahan yang terjadi serta proses bisnis yang sudah berjalan di BKPM, dengan membangun perencanaan arsitektur enterprise melalui pembuatan arsitektur informasi, arsitektur data, arsitektur aplikasi, arsitektur teknologi dan memberikan rekomendasi pemodelan sistem tersebut kepada Badan Kerjasama dan Penanaman Modal Provinsi DIY.

Hasil penelitian adalah pembuatan EAP pada BKPM provinsi DIY yang digunakan bidang perencanaan dan promosi di BKPM sebagai acuan dalam perencanaan dan pengembangan sistem informasi untuk mengembangkan e-Government yang dapat menunjang proses bisnis dan menjadi standar bagi BKPM. Hasil uji kelayakan didapat bahwa perencanaan arsitektur enterprise yang diusulkan sesuai dengan strategi organisasi dalam meningkatkan pelayanan e-Government di bidang perencanaan dan promosi BKPM provinsi DIY.

Kata kunci: EAP, SOA, BKPM Prov DIY

Full Text:

PDF

References


Surendro, Kridanto.,2009.Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi. Bandung.Informatika. [2]

Adi, Firdha .,2011. Pembuatan Perencanaan Arsitektur Enterprise Teknologi Informasi pada Lembaga Pelatihan dan Pengembangan Softskill dengan Metode Zachman Framework (Studi Kasus: Universitas XYZ), LP2S,Skripsi-S1, Universitas Ahmad Dahlan,Yogyakarta.

Endah, Heni.,2011. Pembuatan Model Sistem Informasi pada Dinas Pertanian Provinsi DIY Menggunakan SOA (Service Oriented Architecture),Skripsi-S1,Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Yunis, R., 2009, Pengembangan Model Enterprise Architecture Untuk Perguruan Tinggi, Laporan Akhir Tahun 1 Hibah Penelitian Kerjasama antar Perguruan Tinggi (studi Kasus : STMIK Mikrosik, Medan)

http://bkpm.jogjaprov.go.id/, Rabu 9 November 2011, Tugas dan Fungsi Badan Kerjasama dan Penanaman Modal




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2558

Article Metrics

Abstract view : 114 times
PDF - 164 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal