E-READINESS PEMBUATAN MODEL SISTEM M-GOVERNMENT (STUDI KASUS PEMERINTAH KOTA YOGYAKARTA)

Dalies Muqhita, Sri Handayaningsih

Abstract


Pada penelitian ini akan membahas tentang kesiapan masyarakat sebagai pengguna utama layanan publik sesuai model sistem M-Government sebelumnya. Karena masih banyak sistem di pemerintahan yang belum di gunakan dengan baik disebabkan oleh salah satunya SDM (Sumber Daya Manusia) yang kurang. Belum adanya pengecekan kesiapan masyarakat dalam menerima sistem baru yang dibangun dan dilaksanakan oleh pemerintah.

Pengecekan kesiapan dilakukan dengan menyebar kueisioner pada masyarakat sampel yaitu masyarakat Warungboto. Serta kepada ketua RW, petugas kelurahan Warungboto dan petugas kecamatan Umbulharjo. Pengecekan ini meliputi pengetahuan layanan, penerimaan TIK, kesediaan alat dan pengaruh budaya terhadap TIK. Kuesioner kemudian di uji dengan uji validitas, uji reabiliitas. Kemudian di ukur prosentase dari masing-masing pertanyaan dan pernyataan. Setelah itu dibuat model pengukuran untuk masyarakat Warungboto dengan menguji regresi berganda, untuk mengetahui nilai dari masing-masing kesiapan.

Dari hasil penyebaran kueisioner dan wawancara di peroleh hasil yang baik. Yaitu, masyarakat memiliki kesiapan sebanyak 32,4 % pada pengetahuan layanan pada pemerintahan, 75,9 % pada penerimaan TIK, 9,7 % pada kesediaan alat dan 11,2 % pada pengaruh budaya. Kesimpulannya adalah masyarakat sudah siap untuk ikut serta dalam implementasi dan perubahan sistem menuju M-Government. Tetapi kesediaan alat belum siapa, karena masyarakat belum memiliki smartphone. Perlu adanya alternatif lain untuk mensukseskan implementasi model sistem M-Government yaitu pembuatan aplikasi dalam bentuk dua handphone. yaitu smarthphone dan handphone support java.

Kata kunci : E-Readiness, model, sistem M-Government.

Full Text:

PDF

References


Indrajit, Richardus Eko., (2002), Electronic Government Strategi Pembangunan dan Pengembangan Sistem Pelayanan Public Berbasis Teknologi Digital, Andi, Yogyakarta.

Sambiring, Krisantus., (2006), Penerapan Mobile Government di Indonesia, Karya Tulis, Institut Teknologi Bandung.

Wijaya, Stevanus Wisnu, (2006), Kajian Teoritis : Model E-Government Readiness Pemerintah Kabupaten/Kotamadya dan Keberhasilan E-Government, Karya Tulis, Institut Teknologi Bandung.

AL Fatah, Hanif., (2007), Analisis dan Perancangan Sistem Informasi unuk Keunggulan Bersaing Perusahaan dan Organisasi Modern, Andi, Yogyakarta.

Nugroho, Heru., (2011), Pembuatan Model Sistem M-Government, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Jogiyanto HM, (2007), Model Kesuksesan Sistem Teknologi Informasi, Andi Offset, Yogyakarta 55281

http://cyber.law.harvard.edu/readinessguide/forward.html, Readiness for the Networked World ( A Guide for developing countries) di akses pada 07 April 2012

Riwidikdo, Handoki, (2010), Statistika Kesehatan, Nuha Offset, Yogyakarta.

Sugiyarto, (2011), Statistika Penelitian Menggunakan SPSS 17 Edisi Pertama, MIPA UAD PRESS, Yogyakarta

Nazir, M. (2003). Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Dalies Muqhita, Sri Handayaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.