MEMBANGUN APLIKASI AUTOGENERATE SCRIPT KE FLOWCHART UNTUK MENDUKUNG BUSINESS PROCESS REENGINEERING

Muslim Setyo Rejeki, Ali Tarmuji

Abstract


Pesatnya persaingan antarperusahaan, menjadikan salah satu motivasi perusahaan untuk melakukan perbaikan. Bisnis process reengineering merupakan usaha untuk memperbaiki dan meningkatkan kinerja dari semua bagian atau divisi yang ada dalam proses pelayanan kepada pelanggan, efisiensi proses transaksi. Proses reengineering merupakan bagian dari bisnis process reenginerring yang mengkaji ulang dari sistem yang sudah ada. Dalam Bisnis process reenginerring yang diterapkan adalah untuk membantu analis maupun programmer dalam memahami aplikasi yang sudah ada. Dimana terdapat kendala disaat melakukan reenginerring pada sistem yang sudah ada, dimana membutuhkan pemahan lebih untuk dapat melakukan pembenahan pada sistem yang sudah ada. Pembacaan script atau kode sumber pada aplikasi yang sudah ada menjadi salah satu kendala yang seringnya terjadi khususnya oleh analis.

Penelitian dimulai dengan mengumpulkan referensi yang berkaitan dengan pembuatan aplikasi konversi. Metode pengumpulan data yaitu dengan metode wawancara pada analis, observasi pada suatu instansi, dan studi pustaka. Metode penelitian yang digunakan dengan analisa kebutuhan dan perancangan sistem yang meliputi perancangan proses dalam pembuatan aplikasi, perancangan grammar yang digunakan sebagai aturan baku dalam pembuatan aplikasi, perancangan scanner yang digunakan dalam mengetahui token-token dari script yang dimasukkan untuk membantu proses parsing, perancangan parser yang mengubah dari token-token yang didapat menjadi aturan untuk pembuatan flowchart, perancangan simbol flowcahart dari hasil parser, dan perancangan interface. Pada langkah terakhir dengan melakukan pengujian dari aplikasi yang telah dibuat.

Penelitian yang dibuat menghasilkan sebuah aplikasi yang berfungsi melakukan autogenerate script menjadi  flowchart pada browser yang membantu analis memahami script dari aplikasi dalam mendukung bisnis process reenginerring.

Kata Kunci: script, business process reenginerring, flowchart, autogenerate.

Full Text:

PDF

References


Abdul Kadir. 2002. Dasar Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP. Yogyakarta: Andi.

Azwar, 2008, ”Aplikasi pengkonversi file teks (.rtf dan .txt) ke file suara (.wav)”, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan,Yogyakarta.

Bambang Hariyanto, Ir., MT. 2004, Teori Bahasa, Otomata Dan Komputasi Serta Terapannya. Bandung: Informatika Bandung.

Basit, Abdul, 2006, ”Pembuatan Kompiler Dengan Metode Recursive Descent Parser”.Skripsi S-1,Universitas Ahmad Dahlan,Yogyakarta.

Darmawan, Cristina,2008,”Generator Flowchart & Menghitung LOC Dalam Program Visual Foxpro”,Skripsi S-1,Universitas Kristen Duta Wacana,Yogyakarta.

Davenport, Thomas H, Prosess Inovation, Reengineering work through informastion technology, Harvard Business school press, 1993

Hammer, Michel, James Champy, Reengineering the corporation, Harper business, 1993.

Hariyanto, Sunandar, 2007, "Pengembangan Perangkat Lunak Untuk Mendukung Business Process Reengineering(BPR) Di Penerbit Adicita Grup".Skripsi S-1,Universitas Ahmad Dahlan,Yogyakarta.

John E. Hopcroft, Rajeev Motwani, Jeffrey D. Ullman, 2007. Teori Bahasa Dan Otomata. Yogyakarta : Andi.

Sugiarto, Bambang, 2012, "Aplikasi Penterjemah Bahasa Indonesia Ke Bahasa Lampung",Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan,Yogyakarta.

Utdirartatmo Firrar. 2005. Teknik Kompilasi. Yogyakarta:Graha Ilmu




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2555

Article Metrics

Abstract view : 139 times
PDF - 536 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal