PEMBUATAN FILM ANIMASI PENDEK “DAHSYATNYA SEDEKAH†BERBASIS MULTIMEDIA MENGGUNAKAN TEKNIK 2D HYBRID ANIMATION DENGAN PEMANFAATAN GRAPHIC

Chabib Syafrudin, Wahyu Pujiyono

Abstract


Makalah ini membahas tentang pembuatan aplikasi film animasi 2D dengan tema sedekah  menggunakan teknik 2D Hybrid Animation dengan pemanfaatan Graphic yang mengandung nilai edutaiment untuk anak-anak. Edutainment dapat digunakan oleh guru maupun orang tua untuk memberikan pelajaran atau mengubah perilaku dan karakter pada anak seperti karakter suka bersedekah. Film animasi memiliki fungsi sebagai alat penghibur dan sebagai media pembelajaran untuk anak sehingga anak tidak merasa bosan dan membuat belajar menjadi menyenangkan karena adanya unsur hiburan. Namun, beberapa animasi populer mempromosikan perilaku negatif seperti adegan kekerasan dalam bentuk fisik (perkelahian) atau kekerasan non fisik. Dari sekian banyak film animasi yang ditayangkan ditelevisi, belum banyak film yang mengajarkan tentang sesuatu yang mengandung makna islam, misalnya tentang sedekah. Kebanyakan film animasi merupakan film buatan luar negeri dan hanya menceritakan tentang petualangan, perang, perselisihan, imajinasi, dan lain-lain. Film animasi ini diuji cobakan kepada orang tua, guru, dan anak-anak PAUD maupun TK. Hasil uji coba menunjukkan bahwa film animasi ini menarik jalan ceritanya dan layak untuk ditonton oleh anak usia 2-8 tahun dan mengandung nilai edutaiment baik secara moral maupun religious serta dapat menghibur anak-anak. Anak-anak sangat antusias dalam menonton film animasi ini dan meminta untuk memutar kembali film animasi secara berulang-ulang. Anak-anak ingin selalu membantu orang yang mengalami kesulitan yaitu dengan cara menyisihkan uang jajannya untuk bersedekah agar dapat membantu meringankan beban penderitaan orang lain serta mendapat pahala dari Allah AWT. 

Kata kunci : film animasi 2D, 2D Hybrid Animation, Graphic, Edutaiment.

Full Text:

PDF

References


Arsyad, A. 2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Khrisna, Murthy. 2002. Dasar-Dasar Animasi. Jakarta : P.T Elex Media Komputindo.

Muhammad. 2010. Teknik 2d Hybrid animasi pada pembuatan Film Kartun “Sugeng dan Johnâ€. Yogyakarta : STIMIK Amikom.

Subakti. 2008. Awas Tayangan Televisi. Yogyakarta: Elek Media Komputindo.

Dwi Susanti, Ety, Candrasari, Yuli & Indriastuti, Yudiana. 2009. Strategi Pencegahan Perilaku Negatif pada Anak-anak Sebagai Akibat Tayangan Televisi dan Model Tayangan Edukatif untuk Anak-anak . Jawa Timur : UPN “Veteran

Subroto, Darwanto Sastro. 2005. Televisi Sebagai Media Pendidikan Agama. Salatiga: Duta Wacana.

Nurjanah, Ismi. 2009. Implementasi Tweening Animation (Studi Kasus : Film Kartun “ Si Kriboâ€). Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

Gerinhandito, Yoko. 2006. Teknik Tweening Dalam Pembuatan Film kartun “Kod Dokâ€. Yogyakarta : Universitas Ahmad Dahlan.

Bianto.Iwan. 2010. Multimedia Digital “Dasar-Dasar Teori dan Pengembangannyaâ€. Yogyakarta : CV Andi Offset.

Supriyatna. 2008. Penggunaan Multimedia Interaktif (Mmi) Model Drill And Practice Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Pada Mata Pelajaran Dasar Kompetensi Kejuruan Teknik Mesin (Dkktm). Skripsi Jurusan Pendidikan Teknik Mesin.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2554

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Chabib Syafrudin, Wahyu Pujiyono

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.