PERANCANGAN DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PERKALIAN DAN PEMBAGIAN BILANGAN UNTUK SEKOLAH DASAR KELAS 2
DOI:
https://doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2553Abstract
Guru matematika kelas 2 Sekolah Dasar selama ini menggambar pada media tulis untuk menggambarkan sebuah objek perkalian dan pembagian, mulai dari jumlah, bentuk dan contoh benda.. Guru juga sering mengeluhkan bahwa siswa mengetahui hasilnya tetapi siswa sering salah dalam proses pengerjaannya. Penelitian ini bertujuan membangun media pembelajaran membantu guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran.
Aplikasi ini menyajikan kajian islami berupa doa sebelum belajar dan materi secara interaktif yang disertai animasi, audio, video dan dilengkapai dengan evaluasi berupa latihan-latihan soal. Hasil penelitian ini adalah media pembelajaran berbantuan komputer sebagai media pendukung belajar matematika tentang perkalian dan pembagian bagi siswa sekolah dasar kelas 2.
Aplikasi ini dapat memudahkan proses belajar mengajar dan meningkatkan kualitas prestasi belajar.
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Matematika, Perkalian dan Pembagian , Multimedia Interaktif.References
Candra, Ari, 2010, “Aplikasi Multimedia Pariwisata Kabupaten Blora Sebagai Sarana Informasiâ€, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Daryanto, Drs, 2003, “Belajar Komputer Animasi Macromedia Flashâ€, Yrama Widya, Bandung.
Depdiknas, 2009, Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) 2006, Yogyakarta.
Matematika SD Vol. 2, Elex Media Komputindo.
Hamalik, O., 2001, Proses Belajar Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta.
Madcoms, 2008, “Adobe Flash CS3 Untuk Pemulaâ€, Andi, Yogyakarta.
Purwanto, E, 2008, “Belajar Membuat Animasiâ€.
Sukarman, H., 2002, “Psikologi Pembelajaran Matematika di SMUâ€. Makalah disajikan dalam paket pembinaan penataran. Depdiknas Dikdasmen PPPG Matematika, Yogyakarta.
Sulardi, 2006, “Pandai Berhitung Matematika Untuk Sekolah Dasar Kelas 2, Erlangga, Yogyakarta.
Umi Kulsum, Lulu, 2010, “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Siswa Sekolah Dasarâ€, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Yusop, N. I. 1995. “Multimedia Dalam Pengajaran dan Pembelajaranâ€. Makalah tak dipublikasikan.
http://janiansyah.wordpress.com/2009/05/15/pengertian-multimedia/, Jum’at, 3 Desember 2010, Pengertian Multimedia.
http://www.macromedia.com, akses, kamis 15 Desember 2011.
Downloads
Published
Issue
Section
License
License and Copyright Agreement
In submitting the manuscript to the journal, the authors certify that:
- They are authorized by their co-authors to enter into these arrangements.
- The work described has not been formally published before, except in the form of an abstract or as part of a published lecture, review, thesis, or overlay journal. Please also carefully read Journal Posting Your Article Policy.
- The work is not under consideration for publication elsewhere.
- The work has been approved by all the author(s) and by the responsible authorities – tacitly or explicitly – of the institutes where the work has been carried out.
- They secure the right to reproduce any material that has already been published or copyrighted elsewhere.
- They agree to the following license and copyright agreement.
Copyright
Authors who publish with Jurnal Sarjana Teknik Informatika agree to the following terms:
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.