APLIKASI BANTU UNTUK PENGAJUAN SERTIFIKASI GURU

Heri Widodo, Tedy Setiadi

Abstract


Upaya pemerintah untuk meningkatkan kualitas guru maka dilakukan program sertifikasi guru diseluruh wilayah Indonesia. Program sertifikasi guru sangat bermanfaat bagi kemajuan pendidikan nasional dan mensejahterakan guru diseluruh Indonesia. Dengan penyeleksian seluruh guru yang terdaftar di Dinas Pendidikan wilayah Indonesia untuk mendapatkan sertifikasi dari Dinas Pendidikan Indonesia. Banyak data peserta setifikasi guru dan tidak jelasnya kriteria dalam penyeleksian sertifikasi guru yang dilakukan oleh panitia penyeleksian sertifikasi menimbulkan ketidak akuratan data peserta yang layak untuk disertifikasi, sehingga menimbulkan kesenjangan bagi guru yang seharusnya layak untuk disertifikasi.

Tahap pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini, menggunakan model Sequensial Linier yang diawali dengan tahap analisis sistem yaitu analisis deskripsi kebutuhan sistem, perancangan model keputusan sistem, perancangan algoritma, pembuatan diagram konteks, data flow diagram, entity relationship diagram, dan tahap perancangan sistem yang meliputi spesifikasi proses, perancangan mapping table dan perancanggan menu antarmuka. Dalam proses penilaian sertifikasi guru menggunakan metode logika fuzzy dengan menghitung nilai derajat keangotaan dari himpunan fuzzy sertifikasi guru. Setelah tahap perancangan selesai maka dilanjutkan pada tahap implemetasi dan pengujian aplikasi. Aplikasi ini menggunakan Borland Delphi 7 sebagai skrip pemrograman dan MySQL sebagai database engine.

Hasil penelitian ini berupa aplikasi bantu untuk pengajuan sertifikasi guru  yang hasilnya dapat membantu petugas pemerintah daerah bagian kepegawaian untuk membantu menentukan guru yang dipioritaskan disertifikasi dan menghasilkan laporan sertifikasi guru yang lebih efektif dan akurat.

Kata kunci : Sertifikasi Guru, Model Penentuan, Fuzzy

Full Text:

PDF

References


Hendro, Subagyo, Penentuan Prioritas Usulan Sertifikasi Guru Dengan Metode AHP (Analitic Hirarky Process),

Rahmad, Resmiyanto, Model Instrumen Pengukuran Kinerja Untuk Guru-Guru Pascasertifikasi Dengan Scientific And Financial Performance Measure (SFPM)

Bahtiar, Malingi, Mempersiapkan Kompentensi Menuju Sertifikasi Guru

Setiawan, Pengembangan Model Audit Kinerja Guru dalam mendukung Program Sertifikasi Pendidik

Triyuaniarta, Afiat, Aplikasi logika fuzzy untuk pedukung keputusan penentuan keluarga miskin di kota yogyakarta

Hartanti, M, 2006, Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Keluarga Miskin Menggunakan Kriteria Bayes, Tugas Akhir S1 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Kusumadewi, S, 2006, Aplikasi Logika Fuzzy Untuk Pendukung Keputusan, Graha Ilmu, Yogyakarta.

Melaren, J.F, 1996, Sistem Informasi Manajemen Jilid 1 Terjemahan Hendra Teguh. Prenhelindo, Jakarta.

Nugroho, E, 2006, Pembuatan Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Untuk Menentukan Dana Kompensasi BBM Berupa Bantuan Langsung Tunai Dengan Metode Hierarchy Process (AHP), Tugas Akhir S1 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Pujiyono, Wahyu, 2004, Diktat Kuliah Basis Data, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Suryadi, K dan Ramdhani, M.a., 1998, Sistem Pendukung Keputusan Suatu Wacana Struktural Idealis dan Implementasi Konsep Pengambilan Keputusan, Cetakan Pertama . PT Remaja Bandung.

Tarmuji, Ali, 2006, Diktat Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Walikota, 2007, Rencana Aksi Daerah Penanggulangan Kemiskinan Dan Pengangguran, Keputusan Walikota Yogyakarta Nomor 616/KEP/2007, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2551

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Heri Widodo, Tedy Setiadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.