SISTEM PAKAR PENENTUAN KESESUAIAN LAHAN PERTANIAN UNTUK PEMBUDIDAYAAN TANAMAN BUAH-BUAHAN

Fitriana Susanti, Sri Winiarti

Abstract


Usaha pembudidayaan tanaman buah sering mengalami hambatan, salah satunya adalah dalam menentukan kesesuaian lahan pertanian untuk penanaman tanaman buah-buahan. Hal ini disebabkan kurangnya informasi tentang penentuan kesesuaian lahan pertanian untuk  pembudidayaan tanaman buah-buahan dan keterbatasan pengetahuan dan kemampuan petani. Selain itu pihak penyuluh pertanian  terkadang mengalami kesulitan dalam menghafal fakta kondisi lahan untuk penanaman jenis tanaman buah-buahan, sehingga perlu adanya media bantu berupa sistem yang dapat memberikan solusi kapan saja. Dengan demikian akan memudahkan petani dalam menentukan kesesuaian   lahan pertanian untuk budidaya tanaman buah-buahan.

Pada penelitian ini, akan dibangun sebuah perangkat lunak berbasis sistem pakar  yaitu mengenai penentuan kesesuaian lahan pertanian untuk pembudidayaan tanaman buah-buahan menggunakan metode penelusuran fakta forward chaining, sebuah metode yang akan mencari kesimpulan berdasarkan fakta-fakta yang ada dan kemudian diuji kebenaranya dalam bentuk hipotesis. Tahap pengembangan aplikasi diawali dengan tahap analisis sistem yaitu analisis data, deskripsi kebutuhan sistem dan rekayasa pengetahuan yang disajikan dalam bentuk tabel keputusan, tabel aturan dan pohon pelacakan, pembuatan Diagram Konteks, Diagram Alir Data, Entity Relationship Diagram, dan tabel perancangan sistem yang meliputi spesifikasi proses, perancangan mapping table dan perancangan menu antar muka. Setelah tahap perancangan selesai maka dilanjutkan pada tahap implementasi dan pengujian aplikasi. Aplikasi ini menggunakan software Microsoft Visual Basic 6.0 dengan menggunakan database Microsoft Access.

Dari penelitian yang dilakukan menghasilkan perangkat lunak sistem pakar yang berguna sebagai media konsultasi mengenai penentuan kesesuaian lahan pertanian untuk pembudidayaan tanaman buah-buahan disertai dengan jenis penyakit yang sering menyerang tanaman dan cara penanaman tanaman buah-buahan. Informasi yang dihasilkan berbasis pada kriteria lahan yang ada, sehingga keputusan yang dibuat oleh sistem  untuk jenis tanaman buah mengacu pada kriteria lahan tersebut dilengkapi dengan cara penanaman dan penyakit yang sering menyerang tanaman buah-buahan. Hasil uji coba menunjukan bahwa aplikasi layak dan dapat digunakan.

Kata Kunci : Sistem Pakar, Pembudidayaan Tanaman Buah-Buahan.


Full Text:

PDF

References


Chuwanton, Sistri, 2008, Aplikasi Sistem Pakar Untuk Diagnosa Penyakit Pada Tanaman Cengkeh Disertai Gambar Gejala, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Fathansyah, Ir, 1999, Basis Data. Bandung, CV Informatika.

Fatansyah, 2002, Basis Data, CV. Informatika, Bandu

Kusrini, 2006, Sistem Pakar Teori dan Aplikasi, Yogyakarta, C.V ANDI OFFSET.

Kusumadewi, Sri, 2003, Artificial Intelligence (Teknik dan Aplikasinya), Yogyakarta, Graha Ilmu.

Pohan, Ir. Husni Iskandar dan Ir. Kusnassriyanto Saiful Bahri, 1997, Pengantar Perancangan Sistem. Jakarta, Erlangga.

Sunarjono, Drs. H. Hendro, 2009, Berkebun 21 Jenis Tanaman Buah. Jakarta, Penebar Swadaya.

Winiarti, Sri, 2010, Diktat Kuliah Kecerdasam Buatan untuk Teknik Informatika UAD, Yogyakarta.

Wirabuana, Sukma Yoga, 2009, Sistem Pakar Diagnosa Penyakit Pada Sistem Saraf Pusat Manusia, Skripsi S-1, UAD, Yogyakarta.

http://www.distan.pemda-diy.go.id, Penting Dan Strateginya Upaya Peningkatan Kemampuan Petani di Provinsi DIY, 22 September 2007.

http://www.distan.pemda-diy.go.id, Persoalan Penyuluhan Pertanian di Era Otonomi Daerah, 10 November 2005.

http://hortiku.blogspot.com, Perkembangan bisnis tanaman horti, 6 Agustus 2008.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fitriana Susanti, Sri Winiarti

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.