PEMBUATAN MODEL TATA KELOLA IT UNTUK PROSES AKADEMIK MENGGUNAKAN COBIT 4.1 (STUDI KASUS : UNIVERSITAS XYZ)

Nur Aulia, Sri Handayaningsih

Abstract


Proses bisnis akademik saat ini telah terbantu dengan adanya beberapa SI namun SOP akademik saat ini belum menerapkan sistem secara baik. Akibatnya, sebagian tanggung jawab IT yang seharusnya dilaksanakan pada setiap unit dilimpahkan pada bidang IT, karena belum diatur di dalam SOP. Oleh karena itu diperlukan suatu model tata kelola yang bisa mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan dengan kuesioner yaitu : kuesioner I management awareness dan kuesioner II maturity level. Kuesioner I ditujukan untuk melakukan analisis identifikasi resiko, sedangkan kuesioner II ditujukan untuk pengukuran tingkat kematangan. Hasil dari penelitian berupa Model Tata Kelola IT untuk proses akademik yang diwujudkan dalam bentuk usulan kebijakan dan prosedur proses akademik TI. Dan juga dilakukan uji kelayakan Model Tata Kelola TI proses akademik yang secara umum responden sudah menyatakan kesesuaian sehingga layak untuk diterapkan.

Kata Kunci : tata kelola, proses akademik, COBIT, universitas xyz.

Full Text:

PDF

References


IT Governance Institute, COBIT 4.1, IT Governance Institute, http://www.isaca.org

Wolgang B.Pandji, 2007, Perancangan Model Tata Kelola Teknologi informasi berbasis COBIT pada Proses Pengelolaan Data Studi Kasus : PT PLN (Persero) Distribusi Jawa Timur, ITB, Bandung.

Kridanto Surendro, 2009, Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi, Informatika, Bandung.

U. Tresna Lenggana, 2007, Perancangan Model Tata Kelola Teknolog informasi pada PT. Kereta Api Indonesia Berbasis Framework COBIT, Institut Teknologi Bandung, Bandung.

Salahuddin Al Arif Mhd, Perancangan Tata Kelola Teknologi Informasi Studi Kasus : PT XYZ Indonesia, 2011.

COBIT Steering Committee and the IT Governance Institute, 2000, COBIT (3rd Edition) Implementation Tool Set, IT Governance Institute, http://www.isaca.org.

IT Governance Institue, 2003, IT Governance Implementation Guide ; “How do I use COBIT to implement IT governance?â€, IT Governance Institute, http://www.isaca.org.

Mafatihus Solehah Husniati, Perencanaan Sistem Informasi di Fakultas Teknologi Industri UAD menggunakan kerangka kerja Zachman, 2011.

Yulianingsih Dyah Ayu, Pembuatan Enterprise Arsitektur Planning Teknologi Informasi Layanan Akademik menggunakan Zachman Framework Studi Kasus : Universitas XYZ, 2011.

Jogiyanto HM, 2011, Sistem Tata Kelola Teknologi Informasi, Edisi I, Penerbit Andi, Yogyakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2544

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Aulia, Sri Handayaningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.