ALAT BANTU PEMBELAJARAN MATA KULIAH COMPUTER VISION PADA MATERI EDGE BASED SEGMENTASI CITRA BERBASIS MULTIMEDIA

Achmad Sahri Ramdhani, Murinto Murinto

Abstract


Pembelajaran computer vision pada materi  edge based tentang deteksi tepi (edge detection) bagi sebagian mahasiswa materi yang sukar dipahami. Berdasarkan data kuisioner yang diperoleh dari 13 mahasiswa yang pernah mengambil mata kuliah computer vision, dapat diperoleh prosentase penilaian mata kuliah computer vision pada materi deteksi tepi (edge detection) bahwa 13,46% mahasiswa paham akan materi, dan  86,53% mahasiswa sukar memahami materi pada deteksi tepi (edge detection), terutama dalam proses perubahan antara citra asli dengan hasil citra yang telah dilakukan proses  filtering. Hasil data nilai tugas diperoleh dari 78 mahasiswa, 55% mendapatkan nilai < 60. Penelitian ini bertujuan untuk membangun alat bantu pembelajaran mata kuliah computer vision pada materi edge based segmentasi citra  berbasis multimedia yang diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi deteksi tepi (edge detection) dan mahasiswa  dapat menerapkan proses perubahan antara citra asli dengan hasil citra yang telah dilakukan proses filtering.

Subjek dalam penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai alat pembelajaran mata kuliah computer vision pada materi edge based segmentasi citra dengan menggunakan software Adobe Flash 8. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode Study literature, metode observasi, dan metode wawancara. Aplikasi ini disusun melalui prosedur yang mencakup indentifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, merancang konsep, merancang isi, design document, merancang naskah, merancang grafik, memproduksi sistem, pengetesan sistem dengan black box test  dan alpha test.

Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai alat bantu pembelajaran mata kuliah computer vision pada materi edge based  segmentasi citra. Berdasarkan hasil pengujian yang telah dilakukan dengan menggunakan Black Box Test dan Alpha Test menunjukkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran mahasiswa dan  dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran mata kuliah computer vision pada materi edge based segmentasi citra.

Kata Kunci: computer vision, edge detection, pembelajaran, Multimedia.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2532

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Achmad Sahri Ramdhani, Murinto Murinto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.