MEDIA PEMBELAJARAN ARITMATIKA KOMPUTER (Studi Kasus Materi Konversi Bilangan)
Abstract
Pembelajaran Aritmatika komputer mengenai materi Konversi Bilangan bagi sebagian mahasiswa cukup sulit untuk dipahami. Pemahaman tentang materi tersebut memerlukan penalaran logika, dan kemampuan dalam  mencerna bahan ajar berdasarkan buku teks yang ada. Buku teks yang ada seringkali memerlukan usaha ekstra bagi yang mempelajarinya untuk dapat memahami secara jelas dan nyata. Penyampaian materi selama ini belum menggunakan alat bantu sebagai media pembelajaran. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam memahami materi aritmatika komputer khususnya mengenai materi Konversi Bilangan menggunakan Adobe flash.
Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan, pengumpulan data dengan menggunakan metode studi literature, dan observasi. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup identifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, perancangan konsep, perancangan isi, perancangan story board, implementasi system, dan pengujian sistem dilakukan dengan  black box dan alpha test.
Berdasarkan penelitian yang dilakukan, maka dihasilkan sebuah aplikasi multimedia sebagai media pembelajaran materi Konversi Bilangan bagi mahasiswa teknik informatika di Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta. Bedasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat membantu proses pembelajaran pada mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran Aritmatika komputer.
Kata Kunci : Komputer, Aritmatika , pembelajaran, multimedia, BilanganFull Text:
PDFReferences
Septyaningsih, E., 2006, Visualisasi Program Pembelajaran Logika Matematika Untuk Siswa SMA Menggunakan Visual Basic 6.0, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Putranto, Dhimas Bagus., 2010, Pembelajaran Logika Matematika Pada Pokok Bahasan Logika Algoritma Berbasis Multimedia, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.
Stalling, W., 2003, Data And Computer Communications (7th Edition), Prentice Hall, USA.
Mair, Zaid Romegar, 2008, Pengembangan Media Pembelajaran English Tenses Berbasis Multimedia, Skripsi-S1, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.
Adobe Systems., 2007, Learning ActionScript 2.0 in Adobe Flash, Adobe Systems Incorporated, California 95110, USA.
Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta
Tarmuji, Ali, S. T., 2009, Diktat Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta
http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/18/konsep-belajar-dan-pembelajaran/, diunduh 15 desember 2011
http://ginigitu.wordpress.com/2009/04/21/multimedia-sebagai-media-pembelajaran-interaktif/#comments , diunduh 15 desember 2011
DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2530
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Fahri Fahri, Imam Riadi
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.