MEDIA PEMBELAJARAN ARITMATIKA KOMPUTER (Studi Kasus Materi Konversi Bilangan)

Fahri Fahri, Imam Riadi

Abstract


Pembelajaran Aritmatika komputer mengenai materi Konversi Bilangan bagi  sebagian  mahasiswa cukup sulit untuk dipahami. Pemahaman  tentang  materi  tersebut  memerlukan  penalaran  logika, dan  kemampuan dalam   mencerna  bahan  ajar  berdasarkan  buku  teks  yang  ada.  Buku  teks  yang  ada  seringkali  memerlukan  usaha  ekstra  bagi  yang mempelajarinya  untuk  dapat  memahami  secara  jelas  dan  nyata.  Penyampaian  materi  selama  ini  belum  menggunakan  alat bantu  sebagai  media pembelajaran. Dengan  adanya  media  pembelajaran  berbasis multimedia  ini  diharapkan  dapat  membantu  mahasiswa  dalam  memahami materi aritmatika komputer khususnya  mengenai  materi  Konversi Bilangan menggunakan Adobe flash.

Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi  permasalahan, pengumpulan data dengan menggunakan metode  studi literature,  dan  observasi. Aplikasi disusun dengan prosedur yang mencakup identifikasi masalah, studi kelayakan, analisis kebutuhan sistem, perancangan konsep, perancangan isi, perancangan story board, implementasi system, dan pengujian  sistem dilakukan dengan  black box  dan alpha test.

Berdasarkan  penelitian  yang  dilakukan, maka dihasilkan  sebuah aplikasi  multimedia sebagai  media  pembelajaran materi Konversi Bilangan bagi  mahasiswa teknik  informatika  di Universitas Ahmad  Dahlan Yogyakarta. Bedasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran  ini  dapat  membantu  proses  pembelajaran  pada  mahasiswa  dan dapat digunakan sebagai alat bantu dosen untuk menunjang pembelajaran Aritmatika komputer.

Kata Kunci : Komputer, Aritmatika , pembelajaran, multimedia, Bilangan

Full Text:

PDF

References


Septyaningsih, E., 2006, Visualisasi Program Pembelajaran Logika Matematika Untuk Siswa SMA Menggunakan Visual Basic 6.0, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Putranto, Dhimas Bagus., 2010, Pembelajaran Logika Matematika Pada Pokok Bahasan Logika Algoritma Berbasis Multimedia, Skripsi S-1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Stalling, W., 2003, Data And Computer Communications (7th Edition), Prentice Hall, USA.

Mair, Zaid Romegar, 2008, Pengembangan Media Pembelajaran English Tenses Berbasis Multimedia, Skripsi-S1, Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta.

Adobe Systems., 2007, Learning ActionScript 2.0 in Adobe Flash, Adobe Systems Incorporated, California 95110, USA.

Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta

Tarmuji, Ali, S. T., 2009, Diktat Kuliah Rekayasa Perangkat Lunak, Yogyakarta

http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/18/konsep-belajar-dan-pembelajaran/, diunduh 15 desember 2011

http://ginigitu.wordpress.com/2009/04/21/multimedia-sebagai-media-pembelajaran-interaktif/#comments , diunduh 15 desember 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Fahri Fahri, Imam Riadi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.