PEMBANGUNAN SISTEM PENCARIAN LOKASI DENGAN GEOLOCATION BERDASARKAN GPS BERBASIS MOBILE WEB (STUDI KASUS PENCARIAN LOKASI HOTEL DI YOGYAKARTA)

Nur Fajaruddin, Ali Tarmuji

Abstract


Yogyakarta memiliki banyak tempat wisata yang mengundang banyak wisatawan domestik maupun mancanegara, yang juga memicu pertumbuhan hotel di Yogyakarta. Dengan semakin banyaknya hotel yang ada di Yogyakarta, wisatawan sering kebingungan saat mencari lokasi hotel terdekat yang sesuai dengan selera, apalagi di daerah yang belum dikenal. Informasi hotel di internet sebenarnya sudah banyak, tapi informasi tersebut berupa review dan alamat hotel yang tidak banyak membantu saat berada di daerah tak dikenal. Saat ini smart phone sudah populer digunakan, smart phone memiliki fitur-fitur yang dapat dimanfaatkan untuk membantu penggunanya dalam mencari lokasi hotel terdekat, seperti GPS dan mobile browser yang telah mendukung geolocation. Dua fitur tersebut memungkinkan sebuah sistem dapat mengetahui koordinat pengguna smart phone secara otomatis melalui sebuah mobile web.

Tahapan penelitian dilakukan dengan metode wawancara, observasi, dan studi pustaka baik dengan menggunakan buku, jurnal ataupun website serta metode uji kelayakan. Tahapan analisis dilakukan untuk menentukan spesifikasi sistem pencarian lokasi hotel agar sesuai kebutuhan. Perancangan sistem menggunakan UML dan Mockingup untuk merancangan antarmuka. Implementasi sistem memanfaatkan CodeIgniter framework, Google Maps API, dan JavaScript. Sistem yang dihasilkan diuji dengan dua metode, yaitu Black Box Test dan Alpha Test.

Hasil dari penelitian ini adalah sebuah aplikasi sistem pencarian lokasi hotel berbasis mobile web dengan memanfaatkan GPS dan geolocation yang dapat mendeteksi koordinat pengguna smart phone dan dapat menampilkan jarak, rute jalan, penunjuk arah jalan, informasi tentang fasilitas umum disekitar hotel, dan pencarian informasi kamar hotel dengan cepat. Hasil pengujian sistem menunjukkan bahwa sistem pencarian lokasi sudah memenuhi standard average page load yaitu selama 0,898328107 detik  dan layak untuk dipergunakan.

Kata kunci : Yogyakarta, sistem pencarian, lokasi hotel, geolocation, GPS, mobile web.

Full Text:

PDF

References


Gintoro, dkk. 2010,Analisis dan Perancangan Sistem Pencarian Taksi Terdekat dengan Pelanggan Menggunakan Layanan Berbasis Lokasi,Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2010 (SNATI 2010), Yogyakarta.

Hasan, Taufiq, 2011, Pembangunan Sistem Pencarian Lokasi Kuliner Di Yogyakarta Dengan Geolocation Berdasarkan GPS Berbasis Mobile Web, Skripsi S1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Munawar, 2005, Pemodelan Visual dengan UML, Graha Ilmu, Jakarta.

Purvis, Michael, 2006, Beginning Google Maps Applications with PHP and Ajax from Novice to Professional, Apress, USA.

Sugiarto, 2010, Pemanfaatan Google Map Service untuk Sistem Informasi Pariwisata Kabupaten Gunungkidul dengan Informasi Semi Realtime, Skripsi S1, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

http://www.metrotvnews.com/read/news/2011/09/04/63585/Wisatawan-di-Yogyakarta-Naik-10-Persen, Selasa 01 November 2011, Wisatawan di Yogyakarta Naik 10 Persen

http://yogyakarta.bps.go.id/, Selasa 01 November 2011, Tingkat Penghunian Kamar (TPK) Hotel Bintang Provinsi D.I. Yogyakarta bulan Agustus 2011 35,54 persen.

http://id.wikipedia.org/wiki/GPS, Senin 07 November 2011, Sistem Kedudukan Sejagad.

http://regional.kompas.com/read/2009/09/02/20195116/Libur.Lebaran. Ke.Desa.Wisata.Aja.... , Senin 09 Januari 2012, Libur Lebaran? Ke Desa Wisata Aja.....

http://stackoverflow.com, Kamis 12 Juli 2012, How to efficiently find the closest locations nearby a given location.

https://github.com/liskiew/jquery-geolocation-picker, Minggu 15 Juli 2012, Jquery Geolocation Picker.

https://developer.foursquare.com/, Sabtu 8 September 2012, Foursquare API.

http://www3.ntu.edu.sg/webstandards/standards/development/page-loads/, Jumat 7 Oktober 2011, Page Loads Web Standards Task Force Nanyang Technological University.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i1.2508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Fajaruddin, Ali Tarmuji

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.