PEMBUATAN ENTERPRISE ARCHITECTURE PLANNING DENGAN MENGGUNAKAN KERANGKA KERJA ZACHMAN DI MAJELIS PUSTAKA DAN INFORMASI PP MUHAMMADIYAH YOGYAKARTA

Astri Veviyana, Ali Tarmuji

Abstract


Majelis Pustaka dan Informasi merupakan majelis yang di bawah Pimpinan Pusat Muhammadiyah yang mempunyai visi misi untuk membangun organisasi islam modern di masyarakat melalui pengembangan pustaka dan informasi. Permasalahan yang muncul hingga saat ini adalah belum adanya perencanaan yang baik dalam mengembangkan sistem informasi di MPI, terbaginya waktu SDM karena kesibukan di luar MPI dan belum adanya integrasi sistem antara MPI dengan majelis lembaga lain dan PP.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Enterprise Architecture Planning dengan kerangka kerja Zachman. Sedangkan metode pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan studi pustaka. Proses analisis dimulai dengan tahapan perencanaan, pemahaman kondisi saat ini, analisis SWOT yang kemudian melakukan pembuatan model SI menggunakan kerangka kerja Zahcman, tahapan selanjutnya adalah pembuatan rencana implementasi dan portofolio aplikasi dan melakukan pengujian model SI yang meliputi arsitektur data, arsitektur informasi, arsitektur aplikasi, arsitektur teknologi dan rekomendais kepada MPI.

Hasil penelitian yang dilakukan adalah model yang berisi dokumen perencanaan pengembangan sistem informasi yang meliputi data, informasi, aplikasi dan teknologi. Penelitian ini mendefinisikan 32 entitas data dan mengusulkan 13 kandidat aplikasi di mana 4 diantaranya sudah ada namun dalam proses pengembangan. Hasil pengujian sistem yang telah dilakukan menyatakan model yang dibuat layak diterapkan di Majelis Pustaka dan Informasi Muhammadiyah.

 

Kata Kunci: Enterprise Architecture Planning, Kerangka Kerja Zachman, Majelis Pustaka dan Informasi, Muhammadiyah

Full Text:

PDF

References


Surendro, Kridanto., (2009), Pengembangan Rencana Induk Sistem Informasi, Informatika, Bandung.

Muttaqin, Amar, Hozzi., 2011, “Pembuatan Enterprise Architecture Planning di kKantor Universitas dan Urusan International dengan kerangka kerja zachman. Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Munir, Ade Miftahul, 2011, “Pembuatan Model Sistem Informasi pada Dinas Kesehatan Provinsi DIY Berbasis Soa (Service Oriented Architecture)”, Tesis S-1 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Surendro, Kridanto, 2007, “Pemanfaatan Enterprise Architecture Planning untuk Perencanaan Strategis Sistem Informasi”, Jurnal Informatika Vol. 8, No. 1, Mei 2007: 1 – 9.

Multyarini, Kuswardani dan Sembiring, Jaka, 2006, “Arsitektur Sistem Informasi untuk Istitusi Perguruan Tinggi di Indonesia”, Prosiding Konferensi Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi untuk Indonesia, 1-6

Rosmala, Dewi, dan Falahah, 2007, “Pemodelan Prose Bisnis B2B dengan BPMN (Studi Kasus Pengadaan Barang pada Divisi Logistik)”, SNATI, 1-5




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2268

Article Metrics

Abstract view : 103 times
PDF - 315 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal