MEDIA PEMBELAJARAN RISET OPERASI UNTUK METODE DUALITY LINIER PROGRAMMING BERBASIS MULTIMEDIA

Anis Febriana Sari, Ardi Pujiyanta

Abstract


Berdasarkan hasil koesioner yang diperoleh dari 30 mahasiswa yang pernah mengambil mata kuliah Riset Operasi, jumlah prosentase mahasiswa yang tidak memahami materi Duality Linier Programming lebih banyak daripada mahasiswa yang paham akan materi Duality Linier Programming, 23 mahasiswa memerlukan sebuah aplikasi pembelajaran Duality Linier Programming. Dari 94 mahasiswa yang mengambil mata kuliah Riset Operasi, mahasiswa yang mendapat nilai quiz Duality Linier Programming D dan E sebesar 34,04 %. Penelitian ini bertujuan untuk membantu pembelajaran mata kuliah Riset Operasi khususnya materi Duality Linier Programming. Dengan adanya media pembelajaran berbasis multimedia ini diharapkan mahasiswa dapat meningkatkan pemahaman dan minat belajar mengenai Duality Linier Programming.

Metode penelitian ini dilaksanakan dengan mengidentifikasi permasalahan, pengumpulan data melalui metode literature, interview dan koesioner. Metode literatur  dilakukan dengan studi pustaka yaitu membaca dan membandingkan buku dan artikel yang terkait. Wawancara dilakukan kepada dosen pengampu mata kuliah Riset Operasi. Penyebaran koesioner terkait tentang perhitungan materi Duality Linier Programming. Data yang terkumpul digunakan untuk menganalisis user, kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Hasil analisis digunakan untuk membuat aplikasi pembelajaran Riset Operasi untuk metode Duality Linier Programming berbasis multimedia dengan menggunakan software Adobe Flash CS3.

Hasil penelitian ini adalah aplikasi multimedia sebagai Media Pembelajaran Riset Operasi untuk metode Duality Linier Programming. Aplikasi telah diuji coba  menggunakan black box test dan alpha test. Berdasarkan hasil uji coba tersebut dapat disimpulkan bahwa aplikasi pembelajaran ini dapat  membantu proses pembelajaran mahasiswa dan dapat digunakan sebagai alat bantu pembelajaran Riset Operasi untuk metode Duality Linier Programming.

 

Kata Kunci : Duality Linier Programming, Media Pembelajaran, Riset Operasi


Full Text:

PDF

References


Handayaningsih, Sri, S. T., 2009, Diktat Riset Operasi, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

MACOMS, Madiun. 2008, Adobe Flash CS3 Profesional, Andi, Yogyakarta

Nasution, S, Prof. Dr. M. A., 2006, Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar Dan Mengajar, Bumi Aksara, Jakarta

Bagus Suryo Adi Utomo, 2010, Fuzzy Linear Programming untuk Mengoptimalkan Produksi Lampu (Studi Kasus di PT. “Sinar Terang Abadi”), Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Pujiyanta, Ardi, Ir. MT., 2011, Riset Operasi, Ardana Media, Yogyakarta.

Ramadhan, Arif. 2004, 36 Jam Belajar Komputer Visual Basic 6.0, PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.

Rohimah, 2010, Alat Bantu Ajar Mata Kuliah Aljabar Linier Dan Matriks Pada Pokok Bahasan Determinan Dan Invers Matriks, Skripsi S-1 Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Sulistyorini, Farida, S.T. dan Winiarti, Sri, S.T., 2009, Diktat Interaksi Manusia Komputer, Universitas Ahmad Dahlan, Yogyakarta.

Suyanto, M. 2003, Multimedia Alat Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing, Andi, Yogyakarta.

Taha.Hamdy.A., 1996, Riset Operasi Jilid 1, Binarupa Aksara, Jakarta.

http://edukasi.kompasiana.com/2010/10/18/konsep-belajar-dan-pembelajaran/Diunduh 24 maret 2011

http://www.hendryrisjawan.com/index.php?option=com_content&view=article&id=125:pembelajaran-yang-menyenangkan&catid=65:training&Itemid=91 Diunduh 24 maret 2011

http://cs.upi.edu/v2/uploads/paper_skripsi_dik/Paper_ahmad_wisnu.pdf Diunduh 27 Maret 2011

http://gifalytwinsa.wordpress.com/2010/01/07/model-pembelajaran-cai-dan-penerapannya-di-sd Diunduh 27 Maret 2011

http://dc368.4shared.com/doc/N4rLkyR6/preview.html Diunduh 27 Maret 2011

http://id.wikipedia.org/wiki/Adobe_Photoshop Diunduh 2 Oktober 2011




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2266

Article Metrics

Abstract view : 698 times
PDF - 1123 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.

real
time web analytics Statistik Jurnal