SISTEM IDENTIFIKASI CITRA JENIS CABAI (Capsicum Annum L.) MENGGUNAKAN METODE KLASIFIKASI CITY BLOCK DISTANCE

Nur Tyas Anggraeni, Abdul Fadlil

Abstract


Sistem pengenalan untuk identifikasi cabai berbasis komputer merupakan proses memasukkan informasi berupa citra cabai ke dalam komputer. Selanjutnya komputer menterjemahkan serta mengidentifikasi jenis cabai tersebut. Pada penelitian ini telah dilakukan perancangan sistem identifikasi cabai yang memanfaatkan kamera digital untuk akuisisi data citra cabai. Selanjutnya dilakukan pemrosesan awal, ekstraksi ciri dan pengklasifikasian. Pada pengembangan sistem ini terdiri dari 2 tahap yaitu penentuan pola standar referensi dan pengujian. Data yang digunakan sebagai standar referensi sebanyak 5 sampel untuk masing-masing jenis cabai yaitu cabai besar, cabai rawit, cabai keriting, dan paprika. Sedangkan untuk pengujian unjuk kerja sistem menggunakan 15 sampel untuk masing-masing jenis cabai.   Pengujian unjuk kerja sistem dilakukan dengan melakukan variasi ukuran citra dan metode matrik jarak. Hasil pengujian sistem identifikasi citra cabai menunjukkan tigkat akurasi yang tinggi sebesar 93 % pada ukuran citra cabai 10x10 dengan menggunakan metode klasifikasi lorentzian distance dan paling rendah tingkat akurasinya adalah 57% pada ukuran citra citra cabai 20x15 dengan menggunakan metode klasifikasi gower distance. Dengan metode ekstraksi Ciri citra cabai diekstrasi dalam bentuk vektor ciri yang diperoleh dari citra cropping dan teknik klasifikasi metrik jarak city block distance.

Kata kunci : Identifikasi cabai, Metrik Jarak, City Block Distance.

Full Text:

PDF

References


Munir, Rinaldi. 2004. Pengolahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik. Informatika. Bandung

Wahyu, Nugraha, Heru. 2011. Identifikasi Citra Kacang Menggunakan Metode Jarak Manhattan dan Euclidean. Skripsi S-1. UAD. Yogyakarta.

Yekti, Surya, 2010. Sistem Verifikasi wajah Manusia Menggunakan Algoritma Learning Vector Quantization Secara Real Time. Skripsi S-1. UAD. Yogyakarta.

Sung-Hyuk Cha,2007. Comprehensive Survey on Distance/Similarity Measures between Probability Density Functions, Internasional Jurnal of Mathematical Model and Methods in Applied Science, Issu 4, Volume 1, pp 300-307.

S.Alex, Usaha Tani Cabai Kiat Jitu Bertanam Cabai di Segala Musim. Pustaka Baru Press.Yogyakarta

Fadlil, A. 2012. Sistem Pengenalan Citra Jenis-Jenis Tekstil. Spektrum Industri,Vol. 10, No1, pp 1-107.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v1i2.2265

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Nur Tyas Anggraeni, Abdul Fadlil

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.