Aplikasi Mobile Pengenalan Hewan Bagi Siswa SD dengan Augmented Reality

Harith Noviansyah Suratman, Taufiq Ismail

Abstract


Pendidikan adalah hal krusial bagi masa depan, baik itu pendidikan formal, non formal, ataupun pendidikan informal. Dengan perkembangnya tekhnologi di dunia pendidikan, terutama augmented reality juga masuk bagian untuk memajukan global yang pada awalnya hanya dipakai buat bersenang-senang saja. Dari data kuisoner ditemukan masalah bahwa siswa ketika belajar tatap muka 49,2% tidak paham, ketidaktertarikan siswa dalam belajar hewan di smartphone 33,3%, siswa yang tidak menyukai binatang 30,3%, dan siswa yang tidak menyukai pelajaran IPA 33,3%. Penelitian ini menggunakan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki enam tahapan yaitu, concept, design, material collecting, assembly, testing, dan distribution. Pengujian aplikasi menggunakan pada metode alpha test, beta test, sus dan uji keefektifan yang merupakan pengujian script/program dari fungsi berdasarkan aplikasi. Penelitian menghasilkan perangkat lunak Aplikasi Mobile Pengenalan Hewan bagi Siswa SD dengan Augmented Reality dengan memperoleh hasil dari alpha test 100% bahwa aplikasi lolos tanpa perlu perbaikan, beta test memperoleh hasil 97% bahwa aplikasi layak digunakan, dan SUS memperoleh hasil 82,5 bahwa aplikasi layak digunakan. Berdasarkan semua pengujian tersebut disimpulkan bahwa aplikasi ini layak untuk pembelajaran mengenai pengenalan hewan sehingga diharapkan sebagai metode baru dalam mempelajari pengenalan hewan.

Keywords


Augmented Reality, Mdlc, Hewan, Smartphone

Full Text:

PDF

References


S. Panjirai and B. Robiin, “Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Penggambaran Ekosistem Hewan Darat Untuk Anak Tunarungu,†JSTIE (Jurnal Sarj. Tek. Inform., vol. 9, no. 2, p. 55, 2021, doi: 10.12928/jstie.v9i2.19466.

A. Nauman, Y. A. Qadri, M. Amjad, Y. Bin Zikria, M. K. Afzal, and S. W. Kim, “Multimedia internet of things: A comprehensive survey,†IEEE Access, vol. 8, pp. 8202–8250, 2020, doi: 10.1109/ACCESS.2020.2964280.

C. W. Park, D. gook Kim, S. Cho, and H. J. Han, “Adoption of multimedia technology for learning and gender difference,†Comput. Human Behav., vol. 92, pp. 288–296, 2019, doi: 10.1016/j.chb.2018.11.029.

M. Mustika, E. P. A. Sugara, and M. Pratiwi, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif dengan Menggunakan Metode Multimedia Development Life Cycle,†J. Online Inform., vol. 2, no. 2, p. 121, 2018, doi: 10.15575/join.v2i2.139.

Y. M. H. Listiana Dewi, Sutama, “Strategi Quantum Learningdalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar,†J. basicedu, vol. 3, no. 2, pp. 524–532, 2019.

A. Z. Rahman, T. N. Hidayat, and I. Yanuttama, “Media Pembelajaran IPA Kelas 3 Sekolah Dasar Menggunakan Teknologi Augmented Reality Berbasis Android,†Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., vol. 5, no. 1, pp. 4-6–43, 2017, [Online]. Available: http://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/1797.

R. T. Lolowang, A. S. M. Lumenta, M. D. Putro, K. Perabot, and A. Reality, “Penerapan Augmented Reality 3 Dimensi Berbasis Android Untuk Menentukan Letak Perabot Dalam Rumah,†J. Tek. Inform. Unsrat, vol. 11, no. 1, p. 142109, 2017.

A. L. N. Reddy and J. C. Wyllie, “I/O Issues in a Multimedia System,†Computer (Long. Beach. Calif)., vol. 27, no. 3, pp. 69–74, 1994, doi: 10.1109/2.268888.

J. Carmigniani, B. Furht, M. Anisetti, P. Ceravolo, E. Damiani, and M. Ivkovic, “Augmented reality technologies, systems and applications,†Multimed. Tools Appl., vol. 51, no. 1, pp. 341–377, 2011, doi: 10.1007/s11042-010-0660-6.

S. L. Rahayu, Fujiati, and R. Dewi, “Educational Games as A learning media of Character Education by Using Multimedia Development Life Cycle (MDLC),†2018 6th Int. Conf. Cyber IT Serv. Manag. CITSM 2018, no. Citsm, pp. 1–4, 2019, doi: 10.1109/CITSM.2018.8674288.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v9i3.21872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Harith Noviansyah Suratman

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.