Perancangan Arsitektur Game Virtual Academic

Nofan Fahmie Wibowo, Supriyanto Supriyanto

Abstract


Game Virtual Academic (VA) berbasis mobile dapat membantu dalam memantau perkembangan akademik mahasiswa. Pada saat ini, portal akademik mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan hanya menyajikan data berupa teks sehingga mahasiswa jarang membuka portal dan belum ada fitur untuk mengetahui skill dalam bidang akademik. Metode penelitian yang digunakan adalah Task Centered System Design (TCSD) terdiri dari tahapan analisis, perancangan, construction, pengujian. Dari penelitian ini didapatkan hasil berupa Arsitektur Game VA dengan fungsi yang telah 100% sesuai dengan task requirements yang dibutuhkan oleh sistem. Rata-rata pengujian didapatkan nilai 8.0 sehingga Arsitektur Game VA yang dikembangkan dapat dikatakan acceptable.


Keywords


Arsitektur Game; Portal Akademik; RPG; TCSD; Game VA

Full Text:

PDF

References


S. N. Wahyuni and C. Andiyoko, “Pembuatan Game Berbasis Pembelajaran Menggunakan RPG Marker MV,” J. Comput. Networks, Archit. High Perform. Comput., vol. 1, no. 1, pp. 24–28, Dec. 2018, doi: 10.47709/cnapc.v1i1.5.

S. N. Wahyuni and C. Andiyoko, “Pembuatan Game Berbasis Pembelajaran Menggunakan RPG Maker MV,” J. Mantik Penusa, vol. 2, no. 2, pp. 29–33, 2018.

F. T. Romadhona and E. Yundra, “Pengembangan Edugame sebagai Media Pembelajaran Berbasis Role Play Game (RPG) pada Mata Pelajaran Simulasi Digital Kelas X TAV di SMKN 3 Surabaya,” J. Pendidik. Tek. Elektro, vol. 7, no. 2, pp. 101–107, 2018.

C. N. Aulina, “Pengaruh Bermain Peran Terhadap Peningkatan Kemampuan Sosial Anak Usia Dini,” J. PG-PAUD Trunojoyo, vol. 1, no. 1, pp. 14–27, 2014, doi: https://doi.org/10.21107/ pgpaudtrunojoyo.v1i1.3474.

David, “Perancangan Game Mobile Android Bergenre Horror,” CogITo Smart J., vol. 2, no. 2, p. 167, 2016, doi: 10.31154/cogito.v2i2.27.167-179.

I. M. Safitri, “Perancangan Game ‘ Myroom ’ Untuk Mempermudah Dalam Menata Kamar Menggunakan Markerless Augmented Reality,” Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah, 2019.

M. A. Nurdin and I. Hermawan, “Analisis Dan Pengembangan Aplikasi Inhouse Klinik Perusahaan Menggunakan Framework Codeigniter, Studi Kasus Pt Reckitt Benckiser Indonesia,” J. Teknol. Terpadu, vol. 3, no. 1, pp. 1–7, 2017.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung, Indonesia: Alfabeta, 2019.

D. A. Trisliatanto, Metodologi Penelitian, 1st Editio. Yogyakarta, Indonesia: Andi Offset, 2020.

D. Yulianto, R. Hartanto, and P. I. Santosa, “Evaluation on Augmented-Reality-Based Interactive Book Using System Usability Scale and User Experience Questionnaire,” J. RESTI (Rekayasa Sist. dan Teknol. Informasi), vol. 4, no. 3, pp. 482–488, Jun. 2020, doi: 10.29207/resti.v4i3.1870.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v10i1.21077

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nofan Fahmie Wibowo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.