Pengembangan Aplikasi Android Sebagai Media Pembelajaran Alat Transportasi

Ardian Dwi Prasetyo

Abstract


Perkembangan teknologi memudahkan anak-anak untuk menerima berbagai infomasi. Salah satunya perangkat mobile yaitu smartphone Android. Smartphone dapat membantu dalam poses pembelajaran anak-anak. Seperti pengenalan alat transportasi. Mengenalkan anak-anak alat transportasi yang ada disekitar merupakan langkah awal untuk membuat anak-anak mengenal mengenai berbagai hal yang ada disekitar mereka. LKA (Lembar Kerja Anak) yang menjadi media pembelajaran tidak menyantumkan semua jenis alat transportasi. Oleh karena itu, perlu adanya aplikasi media pembelajaran alat transportasi didesain pada smartphone Android. Dengan tujuan dapat memberi kemudahan anak belajar mandiri di rumah dengan didampingi orang tua. Subyek penelitian ini adalah aplikasi pengenalan alat transportasi untuk anak usia dini 3-6 tahun. Metode pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara dan studi pustaka. Tahap perancangan aplikasi menggunakan metode research and development meliputi analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Dalam pembuatan aplikasi ini menggunakan software adobe flash cs6. Hasil pengujian Black Box yang dilakukan oleh guru mendapatkan hasil 100% menunjukkan bahwa aplikasi sudah sesuai dengan kebutuhan pengguna dan semua fungsi sudah berjalan sesuai kebutuhan fungsional. Pengujian SUS Pemahaman Anak dengan hasil baik (75%), dan Pengujian SUS Ketertarikan Anak dengan hasil baik (73%). jika dibandingkan dengan acuan rata – rata SUS yakni diangka 68%.

Keywords


Pengenalan Alat Transportasi; Media Pembelajaran; Flash; Android

Full Text:

PDF

References


D. Waskito, “Media Pembelajaran Interaktif Matematika Bagi Sekolah Dasar Kelas 6 Berbasis Multimedia,” Speed Journal-Sentra Penelit. Eng. Dan Edukasi, vol. 11, no. 3, pp. 59–65, 2014.

K. Kosasih, “Peranan Organisasi Kemahasiswaan Dalam Pengembangan Civic Skills Mahasiswa,” J. Pendidik. Ilmu Sos., vol. 25, no. 2, pp. 188–198, 2017.

P. R. Indonesia, “Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional,” Jakarta Pemerintah Republik Indones., 2003.

H. Nazaruddin Safaat, “Android Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone dan Tablet PC Berbasis Android,” Inform. Bandung, 2011.

R. Rosyidi, “GAME EDUKATIF ANAK USIA DINI BERBASIS MULTIMEDIA DI YAYASAN PAUD HARAPAN BUNDA SEJATI,” Telematika, vol. 4, no. 2, 2011.

K. W. Sari, “Pengembangan game edukasi kimia berbasis role playing game (RPG) pada materi struktur atom sebagai media pembelajaran mandiri untuk siswa kelas X SMA di kabupaten Purworejo,” 2014.

L. D. Putra and I. Ishartiwi, “Pengembangan multimedia pembelajaran interaktif mengenal angka dan huruf untuk anak usia dini,” J. Inov. Teknol. Pendidik., vol. 2, no. 2, pp. 169–178, 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v8i3.18383

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Ardian Dwi Prasetyo

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.