Sistem Pengambilan Keputusan Penentuan Pemasok Obat Pada Apotek Al Fayadh Farma Yogyakarta dengan Metode Topsis

Eka Bagus Saputro, Anna Hendri Soleliza Jones

Abstract


Apotek merupakan tempat yang dapat digunakan untuk menyalurkan dan memberikan informasi obat yang lengkap kepada masyarakat. Kendala dapat terjadi dalam penyediaan obat di apotek, seperti dalam memilih pemasok obat yang mampu memberikan pelayanan terbaik bagi apotek dari segi harga maupun jasa. Sehingga kinerja dari apotek dalam pemesanan obat ke pemasok obat masih belum efisien. Oleh karena itu, sangat diperlukan sistem pengambilan keputusan penentuan pemasok obat di apotek Al Fayadh Farma Yogyakarta dengan metode TOPSIS agar kinerja apotek lebih efisisen. Sistem pengambilan keputusan penentuan pemasok obat ini memerlukan 20 data pemasok dan 100 data obat yang didapatkan pada saat wawancara yang akan dimasukan ke dalam perhitungan metode TOPSIS dengan kriteria nilai harga pemasok, nilai stok barang, nilai layanan pengiriman, dan nilai sistem pembayaran sesuai proses bisnis yang telat dibuat. Sistem dirancang sesuai dengan permintaan dari apotek dan terakhir pengujian sistem tersebut diuji berdasarkan tampilan dan hasil akhir oleh pemilik apotek. Hasil dari penelitian yang dilakukan adalah sistem pengambilan keputusan dengan metode TOPSIS dapat merekomendasikan pemasok obat dengan ketentuan kriteria yang diinginkan dengan meranking atau merekomendasikan 5 pemasok obat teratas sesuai dengan kriteria masing masing dari pemasok obat tersebut. Dengan pengujian akurasi didapatkan sebesar 80%.

Keywords


Apotek; TOPSIS; PBF(pedagang besar farmasi); Sistem Pengambilan Keputusan

Full Text:

PDF

References


F. SMK, “Pengertian Apotek,†2011. [Online]. Available: http://farmasismk.blogspot.com/2011/11/pengertian-apotek.html.

R. Jannah, D. Kurniadi, and M. Qomaruddin, “Penerapan Metode Technique For Order Preference By Similarity to Ideal Solution ( Topsis ) untuk Menentukan Prioritas Dokter Gigi Muda Bagi Pasien Pada Rumah Sakit Islam Gigi dan Mulut Sultan Agung,†J. Elektro dan Inform. Unissula, vol. 3, no. 1, 2018.

T. Turban, Efraim;Aronson, Lav E.;Peng Liang, “Decision Support Systems and Intelligent Systems,†in Decision Support Systems and Intelligent Systems, 7 JILID 1., ANDI, 2019.

T. Pratama, “METODE SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN,†12 JUNI, 2014. [Online]. Available: http://teguhpratam4.blogspot.com/.

M. Muhlis, Diktat Kuliah Farmasetika. Yogyakarta: FARUAD, 2015.

M. Rendra, H. Roisdiansyah, A. W. Widodo, and N. Hidayat, “Sistem Pendukung Keputusan Untuk Pemilihan Penanaman Varietas Unggul Padi Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS,†vol. 1, no. 10, pp. 1058–1065, 2017.

A. Mubarok, H. D. Suherman, Y. Ramdhani, and S. Topiq, “Sistem Pendukung Keputusan Kelayakan Pemberian Kredit Dengan Metode TOPSIS,†vol. 6, no. 1, pp. 37–46, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, 2013.

A. Bangor, T. Staff, P. Kortum, J. Miller, and T. Staff, “Determining What Individual SUS Scores Mean : Adding an Adjective Rating Scale,†vol. 4, no. 3, pp. 114–123, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v8i3.17702

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Eka Bagus Saputro, Anna Hendri Soleliza Jones

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.