Pengembangan Sistem Authoring Tools untuk Publikasi Jurnal Ilmiah Berbasis Web

Didit Setia Budi, Ardiansyah Ardiansyah

Abstract


Jurnal ilmiah merupakan salah satu jenis jurnal akademik dimana penulis mempublikasian artikel ilmiah. Untuk memastikan kualitas ilmiah pada artikel yang diterbitkan, suatu artikel bisa diteliti oleh rekan-rekan sejawatnya dan direvisi oleh penulis, hal ini dikenal sebagai peer review (penelaahan sejawat). Selama ini jurnal ilmiah sudah terbuka secara elektronik kemudian dikelola oleh redaksi jurnal. Pengelola jurnal ilmiah di Indonesia saat ini menggunakan Open journal system (OJS) yang dikembangkan oleh Public Knowledge Project. Kendala implementasi OJS, salah satunya adalah manajemen penerbitan secara elektronik yang belum sepenuhnya di laksanakan, baik oleh penulis, penerbit maupun mitra bestari (reviewer). Jadi bisa dikatakan penerbitan jurnal elektronik di Indonesia saat ini membuat versi cetak menjadi on-line dalam bentuk dan format PDF reader. Beberapa kendala tersebut bisa diatasi dengan adanya Aplikasi authoring tools jurnal ilmiah berbasis web. Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melakukan pengumpulan data menggunakan metode studi pustaka dan wawancara. Kemudian dianalisis untuk menentukan kebutuhan user dan kebutuhan sistem. Implementasi aplikasi memanfaatkan Codeigniter framework dan MySql database untuk penyimpanan data. Hasil dari penelitian ini adalah pengembangan aplikasi authoring tools jurnal ilmiah berbasis web yang digunakan untuk mempermudah penulis buku dalam menulis, mereview dan mengedit konten digital berbasis web melalui peramban. Pengujian sistem dengan metode black box dengan hasil lulus dan telah sesuai dengan kebutuhan pengguna. Selain itu digunakan juga metode post-study untuk mengetahui tingkat usability aplikasi yang dikembangkan ini dengan nilai 89.58 (skala 0..100).

Keywords


authoring tools; jurnal; e-journal; reader; web

Full Text:

PDF

References


Gu, X., Wu, B., & Xu, X. (2015). Design, development, and learning in e-Textbooks: what we learned and where we are going. Journal of Computers in Education, 2(1), 25– 41.http://doi.org/10.1007/s40692-014-0023-9Kotler, Philip, 2002, ManajemenPemasaran,Prenhalindo, Jakarta.

Erhan, D. (2014). Effect of hypertextual reading on academic success and comprehension skills. Educational Research and Reviews, 9(14),447–455.http://doi.org/10.5897/ERR2013.1405

Harmin, A. (2016). Authoring Tools Algoritma Dan Pemrograman Sebagai Media Pembelajaran On-Line Pada Stmik Profesional Makassar (Studi Kasus Matakuliah Algoritma Dan Pemrograman), 1–12.

Sinung. (2014). Pengembangan native front- end aplikasi pembaca skripsi di perpustakaan kampus iii uad menggunakan android tablet.

Realitha,Cindy.2012.PengembanganBack-EndSystemPadaAplikasiInteractiveE-bookReader Di Android Menggunakan Framework Phonegap.

Singgih. (2015). Pengembangan user experience (ux) dan user interface (ui) sistem manajemen perpustakaan desa berbasis saas.

Booch, G., Rumbaugh, J. & Jacobson, I., 2005. The unified modeling language user guide Second Edition. , p.496.

Sidiq, M. A. (2012). Content pada pengembangan CMS menggunakan codeigniter. Undergraduate thesis, Universitas Stikubank ( Unisbank ) Semarang.

Sommerville, Ian , 2007, Software Engineering – Eight Edition, Addison Wesley, Massachussets.

Gulzar, N., 20 Lukman, Ekawati Marlina, Ratih Keumalasari, Al Hafidz Akbar Maulana Siagian, S. R. (2012). Perkembangan Open Acces Jurnal Ilmiah Indonesia. Prosiding Konferensi Perpustakaan Digital Indonesia (KPDI) Ke-5, (January 2016), 1–8. https://doi.org/10.13140/2.1.1159.2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.12928/jstie.v7i2.15825

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Didit Setia Budi, Ardiansyah Ardiansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Jurnal Sarjana Teknik Informatika
Organized by Informatics Department
Published by Universitas Ahmad Dahlan
Website: http://journal.uad.ac.id/index.php/JSTIF
Office: Industrial Technology Faculty, Kampus Utama UAD Jalan Ahmad Yani (Ringroad Selatan), Tamanan, Banguntapan, Bantul, Yogyakarta 55166, Indonesia
Email: herman.yuliansyah@tif.uad.ac.id || jurnalsarjana@tif.uad.ac.id


 

Creative Commons License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.